[VoB2021] Qayyim


Voice of Bayyinah (VoB) Hari ke-523

Topik: Pearls from Al-Kahfi

Jum’at, 26 November 2021

Materi VoB Hari ke-523 | Qayyim

Oleh: Muchamad Musyafa’

#FridayAlKahfiWeek75

Umat Islam sendiri sering membayangkan Islam sendiri sebagai sesuatu yang berat. Sebesar kemungkinan 99,99% persen bahwa manusia akan masuk neraka. Sangat sedikit yang akan mendapatkan ampunan dari Allah ﷻ dan masuk ke surga. 

Al-Qur’an adalah bimbingan yang qayyim, yaitu sesuatu yang tidak akan membebani manusia lebih dari kemampuannya. Sehingga manusia bisa tetap berdiri tegak ketika mengemban Al-Qur’an. Al-Qur’an tidak akan membuat seseorang berjalan membungkuk atau terjungkal karena terlalu berat.

Hal di atas juga akan selaras dengan ujian fitnah Dajjal. Saat di mana ujian fitnah itu begitu kuat, dengan berbekal Al-Qur’an yang telah Allah ﷻ berikan, sesungguhnya kita akan bisa melewati ujian fitnah Dajjal.

Di dunia ini, kita tidak akan pernah terjatuh pada realitas yang membuat kita membutuhkan kitab suci lainnya. Allah ﷻ telah menurunkan Al-Qur’an sebagai kitab suci terakhir yang turun dari langit. Kitab itu dijamin oleh Allah ﷻ akan terus relevan pada semua zaman.

Itu semua adalah gagasan bahwa Al-Qur’an adalah sebuah pedoman puncak yang ada bagi manusia.

Ibnu Asyur dalam kitab tafsirnya Tafsir al-Tahrir wa’l-Tanwir, beliau mencoba menerangkan juga kata qayyiman ini dari segi linguistik. Menurutnya jika kita adalah qayyim terhadap sesuatu, maka kita berkomitmen untuk memperbaiki sesuatu itu.

Jadi, jika Allah ﷻ menyifati Al-Qur’an dengan kata qayyim, maka Allah bermaksud agar Al-Qur’an bisa memperbaiki diri kita, agar bisa meluruskan umat manusia.

Alhamdulillah, Allah ﷻ telah menurunkan pada kita sebuah kitab Al-Qur’an. Apa pun krisis yang terjadi di dunia ini, baik itu krisis mental, krisis politik, krisis ekonomi dan krisis lainnya yang terjadi, semuanya berkaca baik dengan peristiwa yang terjadi pada bangsa-bangsa lalu. Jika kita belajar Al-Qur’an, kita akan menemukan bagaimana bangsa-bangsa dulu menghadapi berbagai macam krisis, dan bagaimana Allah bertindak terhadap bangsa tersebut, bagaimana Allah ﷻ menolong bangsa itu, atau bagaimana Allah ﷻ memperbaiki bangsa itu.

Jadi dengan mempelajari Al-Qur’an ini, maka kita akan memiliki pengetahuan bagaimana memperbaiki suatu bangsa.

Insya Allah bersambung. 

Sumber : Bayyinah TV / Home / Quran / Surahs/ Al-Kahfi/2a. Deeper Look. (31.35 – 37.00)


Penutup

Semoga Allah terangi, lembutkan, dan kuatkan hati kita dengan cahaya-Nya.

Mohon doakan kami agar bisa istiqomah berbagi mutiara-mutiara-Nya.

Jazakumullahu khairan

Salam,

The Miracle Team 

Voice of Bayyinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s