[VoB2021] Sumber Sama Hasil Beda


Voice of Bayyinah (VoB) Hari ke-483

Topik: Heavenly Order

Ahad, 17 Oktober 2021

Materi VoB Hari ke-483 Pagi | Sumber Sama Hasil Beda

Oleh: Rendy Noor Chandra

#SundayHeavenlyOrderWeek68Part1

Part 1

وَأَوْحَىٰ رَبُّكَ إِلَى النَّحْلِ

Dan Tuhanmu mewahyukan kepada lebah

-QS. An-Nahl:67

🐝🍯🐝🍯🐝

Tugas lebah adalah mengambil serbuk sari dari berbagai bunga, dan mengambil jalan yang Allah perintahkan kepadanya. Sebagaimana malaikat mengambil arah yang Allah perintahkan kepadanya untuk mengantarkan wahyu. Allah lah yang mengilhamkan itu kepada para malaikat untuk membawakan wahyu. Ketika malaikat membawa wahyu tersebut, Allah juga mengilhamkan apa manfaat dari wahyu tersebut, wahyu tersebut punya “tekstur” yang berbeda-beda.

🐝🍯🐝🍯🐝

Ada ayat yang membawa berita tentang ampunan, ada juga ayat yang menimbulkan rasa takut. Ada yang memberikan rasa tenang, ada yang memberikan ilmu, ada juga ayat yang membawa hikmah. 

شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ

Minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya,

-QS. An-Nahl:69

🐝🍯🐝🍯🐝

Apakah semua ayat warnanya sama? Tidak. 

Apakah seluruh ayat punya rasa yang sama? Tidak.

Apakah ayat-ayat Al-Qur’an itu satu dan lainnya teksturnya sama? Tidak.

Ada ayat yang rasanya manis. Ada ayat yang punya tanda-tanda unik yang tidak ada di ayat lainnya.

🐝🍯🐝🍯🐝

فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ ۗ

Di dalamnya terdapat penyembuh bagi manusia

-QS. An-Nahl:69

Ayat lain yang menyebutkan kata syifaa di dalam Al-Qur’an terdapat pada Surah Yunus ayat 57,

 قَدْ جَاءَتْكُمْ مَوْعِظَةٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَشِفَاءٌ لِمَا فِي الصُّدُورِ

Sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada.

-QS. Yunus:57

🐝🍯🐝🍯🐝

Al-Qur’an disebut syifaa dan madu pun disebut syifaa, karena madu merupakan paralel Al-Qur’an dalam hal rasa manis yang diberikan. Rasa manis itu sudah ketentuan ilahi. 

Madu hanya bisa diekstrak oleh lebah berdasarkan perintah dari Allah. Begitu pun dengan Al-Qur’an. Sumber dan prosesnya menjadi sebuah wahyu, tidak ada malaikat yang bisa melakukan itu kecuali dengan perintah Allah. 

🐝🍯🐝🍯🐝

Allah mengambil kejadian di sekitar kita, sejarah atau peristiwa yang berlangsung di depan mata kita. Allah juga mengambil referensi kejadian yang terjadi sebelum Rasulullah ﷺ, misalnya Fir’aun dan bala tentaranya. Ahli sejarah tentu mencatat kejadian yang sama dan membuat narasi tentangnya, akan tetapi ketika Allah yang mengekstraknya, dan menghasilkan suatu madu berupa wahyu, hasilnya akan berbeda. 

🐝🍯🐝🍯🐝

Kejadiannya sama seperti apa yang ahli sejarah ketahui dan mungkin alami, tetapi yang dihasilkan berbeda dalam hal rasa manis, penyembuh atau bahkan petunjuk untuk manusia. Intinya, kejadiannya sama, akan tetapi catatan sejarah dan Al-Qur’an memberikan efek yang berbeda ke spiritualitas manusia. 

Kita bisa saja mencoba mengekstrak madu dari bunga yang didatangi lebah, tetapi kita tidak akan bisa menghasilkan madu sama sekali. Hanya perintah Allah yang memungkinkan serbuk sari itu menjadi sebuah madu yang bermanfaat untuk manusia. Sama halnya dengan wahyu dari suatu kejadian yang bermanfaat untuk ruh manusia. 

Insya Allah bersambung.

🐝🍯🐝🍯🐝

Sumber: Bayyinah TV > Home / Quran / Courses / Heavenly Order / Heavenly Order – Lesson 07_Linear Coherence of a Passage_Al-Baqarah,Ali’Imran, An-Naba, An-Nahl (30:25 – 32.27)


Materi VoB Hari ke-483 Siang | Kalian dalam Rahim

Oleh: Rendy Noor Chandra

#SundayHeavenlyOrderWeek69Part2

Part 2

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ 

Kita melanjutkan pembahasan surah An-Nahl ayat 69 yang berbunyi,

إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan.

-QS. An-Nahl:69

Gambaran fisik yang dijelaskan dalam Al-Qur’an terkadang terdapat pelajaran spiritual yang sangat mendalam. 

🤰🏻🤰🏻🤰🏻

Sekarang kita melanjutkan ke pembahasan surat An-Nahl yang lainnya. 

وَاللَّهُ أَخْرَجَكُمْ مِنْ بُطُونِ أُمَّهَاتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَالْأَفْئِدَةَ ۙ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

-QS. An-Nahl:78

Ayat-ayat yang mengandung gambaran fisik ini juga mengandung hikmah spiritual yang mendalam tentang kasih sayang Allah kepada manusia dan bagaimana Ia begitu peduli dengan manusia. 

🤰🏻🤰🏻🤰🏻

أَلَمْ يَرَوْا إِلَى الطَّيْرِ مُسَخَّرَاتٍ فِي جَوِّ السَّمَاءِ مَا يُمْسِكُهُنَّ إِلَّا اللَّهُ ۗ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ

Tidakkah mereka memperhatikan burung-burung yang dimudahkan terbang diangkasa bebas. Tidak ada yang menahannya selain daripada Allah. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang beriman.

-QS. An-Nahl:79

🤰🏻🤰🏻🤰🏻

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ سَكَنًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ جُلُودِ الْأَنْعَامِ بُيُوتًا تَسْتَخِفُّونَهَا يَوْمَ ظَعْنِكُمْ وَيَوْمَ إِقَامَتِكُمْ ۙ وَمِنْ أَصْوَافِهَا وَأَوْبَارِهَا وَأَشْعَارِهَا أَثَاثًا وَمَتَاعًا إِلَىٰ حِينٍ

Dan Allah menjadikan bagimu rumah-rumahmu sebagai tempat tinggal dan Dia menjadikan bagi kamu rumah-rumah (kemah-kemah) dari kulit binatang ternak yang kamu merasa ringan (membawa)nya di waktu kamu berjalan dan waktu kamu bermukim dan (dijadikan-Nya pula) dari bulu domba, bulu unta dan bulu kambing, alat-alat rumah tangga dan perhiasan (yang kamu pakai) sampai waktu (tertentu).

-QS. An-Nahl:80

🤰🏻🤰🏻🤰🏻

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِمَّا خَلَقَ ظِلَالًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنَ الْجِبَالِ أَكْنَانًا وَجَعَلَ لَكُمْ سَرَابِيلَ تَقِيكُمُ الْحَرَّ وَسَرَابِيلَ تَقِيكُمْ بَأْسَكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ يُتِمُّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تُسْلِمُونَ

Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. Demikianlah Allah menyempurnakan nikmat-Nya atasmu agar kamu berserah diri (kepada-Nya).

-QS. An-Nahl:81

🤰🏻🤰🏻🤰🏻

Sepertinya di antara ayat-ayat ini, semuanya dimulai dengan engkau keluar dari perut ibumu. Coba kita pahami dulu bahwa di awal ayat-ayat ini Allah memberikan kita pendengaran, penglihatan dan hati agar kita bersyukur. Artinya, apa yang mengikuti setelahnya adalah cara Allah agar kita lebih bersyukur dari apa yang kita dengar, kita lihat, dan apa yang kita rasakan dalam hati. 

🤰🏻🤰🏻🤰🏻

Apa yang kita dengar mengubah cara pandang kita terhadap sesuatu, dan akhirnya mengubah hati kita. Setiap apa pun yang kita lihat, ia akan berpengaruh pada hati kita. 

Insya Allah bersambung.

🤰🏻🤰🏻🤰🏻

Sumber: Bayyinah TV > Home / Quran / Courses / Heavenly Order / Heavenly Order – Lesson 07_Linear Coherence of a Passage_Al-Baqarah,Ali’Imran, An-Naba, An-Nahl (32:27 – 36:12)


Penutup

Semoga Allah terangi, lembutkan, dan kuatkan hati kita dengan cahaya-Nya.🤲

Mohon doakan kami agar bisa istiqomah berbagi mutiara-mutiara-Nya.🙏

Jazakumullahu khairan😊

Salam,

The Miracle Team 

Voice of Bayyinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s