[VoB2021] Nyatakan Percakapanmu dengan-Nya


[VoB2021] Nyatakan Percakapanmu dengan-Nya

Voice of Bayyinah (VoB) Hari ke-465

Topik: Pearls from Ali Imran

Rabu, 29 September 2021

Materi VoB Hari ke-465 Pagi | Nyatakan Percakapanmu dengan-Nya

Oleh: Rendy Noor Chandra

#WednesdayAliImranWeek67Part1

Part 1

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

قُلِ اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Katakanlah: “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.

QS. ‘Ali ‘Imran:26

🗣️🗣️🗣️

Kita akan melanjutkan pembahasan ke ayat 26 dari surah ‘Ali ‘Imran. 

Ustaz Nouman telah menyebutkan beberapa kali bahwa beberapa ayat di surah ‘Ali ‘Imran ini yaitu ayat 23-26, adalah dakwah langsung kepada Ahli Kitab. di mana ayat-ayat ini lebih implisit bila dibandingkan ayat-ayat selanjutnya. Di bagian awal surah Allah memberikan konfirmasi tentang kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. 

🗣️🗣️🗣️

Ustaz Nouman akan menjelaskan bagaimana struktur organisasi dari ayat ini. Ayat ini menurut Ustaz Nouman adalah ayat paling indah dari passage atau paragraf/bagian kedua surah ‘Ali ‘Imran. Bagian paling pertama yang perlu diobservasi adalah kata qul  pada bagian awal ayat.

Di beberapa ayat sebelumnya terdapat ayat jabari, di mana Allah menjelaskan tentang diri-Nya. Di bagian awal surah kita menemukan,

اللَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. Yang hidup kekal lagi terus-menerus mengurus makhluk-Nya.

-QS. ‘Ali ‘Imran:2

Setelah beberapa ayat berselang, Allah kembali menjelaskan tentang diri-Nya. 

Di ayat kelima kita menemukan, 

إِنَّ اللَّهَ لَا يَخْفَىٰ عَلَيْهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ

Sesungguhnya bagi Allah tidak ada satupun yang tersembunyi di bumi dan tidak (pula) di langit.

–QS. ‘Ali ‘Imran:5

هُوَ الَّذِي يُصَوِّرُكُمْ فِي الْأَرْحَامِ كَيْفَ يَشَاءُ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Dialah yang membentuk kamu dalam rahim sebagaimana dikehendaki-Nya. Tak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

–QS. ‘Ali ‘Imran:6

Beberapa ayat setelah itu, Allah menjelaskan lagi tentang diri-Nya, yaitu pada ayat 18 yang berbunyi,

شَهِدَ اللَّهُ أَنَّهُ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَالْمَلَائِكَةُ وَأُولُو الْعِلْمِ قَائِمًا بِالْقِسْطِ ۚ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Tuhan melainkan Dia (yang berhak disembah), Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

–QS. ‘Ali ‘Imran:18

🗣️🗣️🗣️

Jadi kita menemukan beberapa ayat yang murni hanya tentang Allah. Ia mengingatkan kita siapa Allah dalam beberapa dimensi keyakinan kita yang berbeda. Sekarang kita juga akan menemukan ayat yang sejenis, namun kali ini diawali dengan kata qul. Tidak ada qul di ayat lain yang sejenis.

Artinya, kita lah yang mendeklarasikannya. Kita yang menyatakannya.

Tidak hanya itu, ada suatu hal yang lebih besar di baliknya.

🗣️🗣️🗣️

Di ayat jabari yang lain, penjelasan tentang Allah semuanya dalam bentuk kata ganti ketiga. Contohnya antara lain tidak ada yang tersembunyi dari Allah, tidak ada yang patut disembah selain diri-Nya. 

Di ayat ini, Allah memberikan perintah kepada Rasululah ﷺ untuk menyatakan bukan tentang  sesuatu mengenai Allah, tapi nyatakan percakapan dengan Allah. Jadi, beliau mengatakan sesuatu secara langsung kepada Allah.

Di sini letak keindahan ayat ini. Allah berbicara kepada kita, dan Ia mengajarkan kita bagaimana berbicara kepada-Nya. 

Insya Allah bersambung.

🗣️🗣️🗣️

Sumber: Bayyinah TV > Home / Quran / Deeper Look / 3. Ali ‘Imran / 10. ‘Ali ‘Imran – Ayah 26-27 Ramadan 2018 (00:00 – 03:18)


Materi VoB Hari ke-465 Siang | Inilah Perasaan Kami

Oleh: Rendy Noor Chandra

#WednesdayAliImranWeek67Part2

Part 2

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Walaupun di ayat 26 surah Ali’ Imran ini adalah kita berbicara kepada Allah, akan tetapi kita tidak meminta sesuatu. Hal yang jarang sekali terjadi, biasanya ketika kita berbicara kepada Allah adalah kita meminta sesuatu. Ayat ini menjadi unik karena ia tidak seperti ayat lainnya. Di ayat ini kita hanya menyatakan sesuatu kepada Allah.

💛💛💛

Kita berbicara kepada Allah tentang diri-Nya. Artinya apa? Allah tahu tentang diri-Nya sendiri, lalu kenapa kita menyatakan sesuatu yang sudah Allah ketahui?

Tujuannya adalah untuk menyatakan kepada Allah apa yang kita ketahui tentang-Nya. Inilah yang ada di dalam hati kita, apa yang kita ketahui tentang Allah. 

Inilah perasaan kami kepada-Mu.

💛💛💛

Ketika kita mencintai seseorang, kita berbicara kepadanya, dan kita mengungkapkan perasaan kita kepadanya. Misalnya, seorang anak berbicara kepada ibunya, “Ibu, aku tidak lupa aku adalah anakmu. Aku tidak lupa bahwa engkaulah yang melahirkanku. Kita memang berbeda pendapat di sini dan di situ, tapi engkau tetaplah ibuku.”

Seperti itulah ungkapan perasaan. Ia harus dinyatakan dengan perkataan. 

Ayat ini menjelaskan tentang qarb atau kedekatan kepada Allah ‘Azza wa Jall, yang Allah sampaikan kepada Rasulullah ﷺ untuk diucapkan.

💛💛💛

Ada implikasi dari kutipan ayat ini. Ayat sebelumnya membahas tentang orang-orang yang diperintahkan untuk mengikuti kitab yang diturunkan Allah, namun malah berpaling.

ثُمَّ يَتَوَلَّىٰ فَرِيقٌ مِنْهُمْ وَهُمْ مُعْرِضُونَ

kemudian sebahagian dari mereka berpaling, dan mereka selalu membelakangi (kebenaran).

-QS. ‘Ali ‘Imran : 23

Jadi di ayat sebelumnya, percakapan yang terjadi adalah antara Rasulullah ﷺ dan para ahli kitab. Dan mereka berpaling, dan ketika meraka berpaling darimu, maka bukan kamu berpaling dari mereka, tapi berpalinglah kepada Allah. 

💛💛💛

Biasanya kita akan menemukan di ayat-ayat yang lain seruan seperti:

Abaikan mereka. Kalau mereka berpaling, maka berpalinglah dari mereka. Kalau mereka acuh, maka tinggalkan mereka dengan cara yang baik. 

Tapi di ayat ini, bukannya Allah mengatakan untuk berpaling dari mereka, Allah justru mengatakan berpalinglah kepada-Nya. Berpalinglah hanya kepada Allah.

Ayat ini menggambarkan kedekatan yang sangat indah dengan Allah. 

Insya Allah bersambung.

💛💛💛

Sumber: Bayyinah TV > Home / Quran / Deeper Look / 3. Ali ‘Imran / 10. ‘Ali ‘Imran – Ayah 26-27 Ramadan 2018 (03:18 – 05.27)


Penutup

Semoga Allah terangi, lembutkan, dan kuatkan hati kita dengan cahaya-Nya.🤲

Mohon doakan kami agar bisa istiqomah berbagi mutiara-mutiara-Nya.🙏

Jazakumullahu khairan😊

Salam,

The Miracle Team 

Voice of Bayyinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s