[VoB2021] Tujuan Surah


Voice of Bayyinah (VoB) Hari ke-429

Topik: Pearls from Al Baqarah

Selasa, 24 Agustus 2021

Materi VoB Hari ke-429 Pagi | Tujuan Surah

Oleh: Rendy Noor Chandra

#TuesdayAlBaqarahWeek62Part1

Part 1 

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Ustaz Nouman sebelumnya menjelaskan tentang makna dari surah. Allah pada kitab sebelumnya sudah menjelaskan kepada orang-orang shalih tentang halal dan haram, apa yang benar dan apa yang salah.

🏰🏰🏰

Allah juga menjelaskan perintah dan larangan-Nya kepada Nabi Ibrahim ’Alayhissalam dan umatnya. Tapi seiring berjalannya waktu, tidak ada yang melindungi kemurnian ajaran tersebut. Akibatnya, ajaran-ajaran tersebut menjadi menyimpang dan menghilang.

Tapi kali ini, Allah memilih untuk menurunkan sebuah surah.  Ibarat sebuah dinding kokoh yang membentengi suatu kota. Kesempurnaan mukjizat Al-Qur’an ini punya suatu tujuan. Apakah itu?

🏰🏰🏰

Tujuannya adalah agar generasi yang akan datang tetap mampu mempelajari ajaran yang murni, semurni ketika belajar langsung dari Rasulullah ﷺ. Kemurnian yang seperti ini belum pernah terjadi dalam sejarah manusia.

Biasanya, suatu ajaran hanya mampu bertahan murni selama 2-3 generasi. Setelahnya akan ada banyak penyimpangan yang terjadi. Bahkan ada juga ajaran yang punah sama sekali.

🏰🏰🏰

Bani Israil mungkin adalah contoh terbaik dan yang paling tidak baik terkait kemurnian agama. Allah menurunkan nabi di antara mereka di setiap generasi. Walaupun begitu, tetap saja mereka mengubah kitab mereka sendiri. 

Allah menurunkan nabi untuk memperbaiki apa yang mereka ubah. Akan tetapi, setelah nabi itu datang, Bani Israil tetap saja menambahkan ayat-ayat baru. Kemudian, Allah menurunkan rasul untuk memperbaiki dan mereka membuat tambahan yang berbeda. Lalu, seroang rasul datang dan memperbaiki lagi. Begitu seterusnya.

🏰🏰🏰

Hal ini terus terjadi sampai pada suatu saat ketika Nabi ‘Isa ‘Alayhissalam datang. Kebanyakan catatan yang menjelaskan ceramah dan ajaran beliau di Yerussalem dan Nazareth  menggambarkan tentang kemarahan beliau kepada para rabi yang mengubah kalimat-kalimat Allah di kitab mereka.

🏰🏰🏰

Kondisi yang dihadapi oleh Nabi ‘Isa ’Alayhissalam saat itu seperti menentang mayoritas ulama. Ulama di sini adalah mufti Bani Israil saat itu. Nabi ‘Isa ’Alayhissalam menjadi musuh publik nomor wahid bagi mereka. Perlawanan yang dilakukan Nabi ‘Isa kepada Imperium Romawi bahkan tidak sebanyak perlawanan kepada penyimpangan ulama Bani Israil sendiri. 

Insya Allah bersambung.

Sumber : Bayyinah TV / Home / Quran / Surah/ Deeper Look/ 9. Al-Baqarah (Ayah 23-25) (09.30-11.20)


Materi VoB Hari ke-429 Siang | Tantangan untuk Yang Ragu

Oleh: Rendy Noor Chandra

#TuesdayAlBaqarahWeek62Part2

Part 2

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Sekarang tantangan untuk yang ragu dengan al-Qur’an adalah bagaimana membuat satu surah yang semisal dengannya.

 فَأْتُوا بِسُورَةٍ مِنْ مِثْلِهِ

buatlah satu surat (saja) yang semisal (Al-Qur’an) itu

-QS. Al-Baqarah:23

📜📜📜

Sebenarnya tantangan ini adalah tantangan keenam yang muncul dalam Al-Qur’an. Tantangan seperti ini sudah pernah turun sebelumnya sebanyak 5 kali. Dan uniknya, kelima ayat tersebut semuanya turun di Mekkah. Sedangkan ayat ini adalah tantangan serupa yang pertama turun di Madinah, khususnya di periode awal. Al-Baqarah bagian ini merupakan ayat permulaan madaniyah.

Beberapa ayat di bagian ini bahkan turun sebelum Perang Badr, perang pertama umat muslim melawan Quraisy. Ayat-ayat yang membahas persiapan Perang Badr terdapat di surah Al-Baqarah. 

📜📜📜

Beberapa ayat dari bagian tersebut berbunyi seperti, 

“Apakah mereka mengatakan bahwa ia membuatnya sendiri? Al-Qur’an adalah buatan Rasulullah ﷺ?”

“Tidak, sebenarnya mereka tidak beriman.”

📜📜📜

“Kalau begitu, buatlah suatu hal yang baru yang semisal dengannya. Tidak mendekatinya. Bukan min mitslihi tapi haditsin mistlihi.  Atau buatlah suatu hal baru dalam sastra, jika kamu orang-orang yang benar.”

Hadits berasal dari hadats yang artinya sesuatu yang baru

📜📜📜

Ustaz Nouman ingin membagikan suatu hal menarik terkait ini. Sebuah catatan tambahan terkait ayat ini. Ustaz sangat berterima kasih kepada ulama bernama Basim Saikh. Ustaz Nouman sendiri masih mencari-cari orang ini. Ia seorang ahli bahasa. Beliau mengumpulkan seluruh hadits, baik shahih, hasan, maupun dhoif. Semua hadits ia kumpulkan, baik itu otentik atau tidak. 

Lalu apa yang beliau temukan?

Insya Allah bersambung

Sumber : Bayyinah TV / Home / Quran / Surah/ Deeper Look/ 9. Al-Baqarah (Ayah 23-25) (11.20-13.25)


Penutup

Semoga Allah terangi, lembutkan, dan kuatkan hati kita dengan cahaya-Nya.🤲

Mohon doakan kami agar bisa istiqomah berbagi mutiara-mutiara-Nya.🙏

Jazakumullahu khairan😊

Salam,

The Miracle Team 

Voice of Bayyinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s