[VoB2021] Jangan Berputus Asa


Voice of Bayyinah (VoB) Hari ke-412

Topik: Parenting

Sabtu, 7 Agustus 2021

Materi VoB Hari ke-412 | Jangan Berputus Asa

🌱🌳🌸

Oleh: Muchamad Musyafa

#SaturdayParentingWeek59

🌱🌳🌸

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم

Sejarah perjalanan nabi Muhammad ﷺ adalah bukti nyata satu dekade pembangunan iman para sahabat. Penanaman benih-benih keimanan itu berawal dari segala peristiwa di Mekah.

Benih itu tumbuh dan akhirnya dipanen di Badr, di bukit Uhud, Ahzab, di pembebasan Mekah dan di tempat lainnya. Semua peristiwa itu membuktikan kualitas keimanan para sahabat. Semua itu karena Rasulullah ﷺ pertama-tama fokus menguatkan iman para sahabat ketika masih di Mekah. Dan kita bisa melihat kesuksesan hasil jerih payah itu.

🌱🌳🌸

Kembali pada tema pengasuhan anak. Cara yang ditempuh agar kita sukses mendidik keimanan pada anak-anak kita, itu tidak akan jauh berbeda dengan cara yang dilakukan Rasulullah untuk menanamkan keimanan pada para sahabatnya. Isu yang sama, maka solusinya pun juga sama. 

Inilah yang harus kita pikirkan mengenai cara kita mendidik anak kita. Apakah kita sudah menempuh cara yang sama dengan bagaimana Rasulullah mendidik para sahabatnya?

Mari kita bersama-sama berdoa, semoga kita semua diberkahi keimanan yang sungguh-sungguh. Semoga usaha-usaha kita dalam mencari nafkah adalah usaha yang halal. Semoga apa-apa yang kita kerjakan semuanya diridai oleh Allah ﷻ. 

Sehingga Allah ﷻ memberikan perlindungan pada anak-anak kita, melindungi anak-anak lainnya, melindungi generasi anak-anak kita. Semoga Allah ﷻ bisa mengembalikan generasi penerus kita ke jalan yang lurus, tidak menjadikan mereka menjadi generasi yang tersesat. Menjadikan mereka generasi yang memegang kalimat tauhid.

🌱🌳🌸

Seburuk-buruknya anak kita, mereka tetaplah anak kita. Mereka adalah bagian dari umat kita, kita harus berharap baik pada mereka. Tidak boleh lantas berputus asa atas kondisi generasi muda yang kita saksikan saat ini.

Mudah bagi Allah ﷻ untuk mengubah kondisi segala sesuatu, bahkan untuk sesuatu yang kita pikir tidak memiliki harapan. Tinggal bagaimana usaha kita. Oleh karena itu kita tetap harus berusaha dengan usaha pendidikan iman kepada anak-anak kita, kepada generasi muda di lingkungan kita. 

🌱🌳🌸

Nabi Nuh alayhissalam adalah satu-satunya nabi yang akhirnya menyerah atas keimanan anaknya. Awalnya nabi Nuh alayhissalam tidak mau menyerah atas kekafiran anaknya, tetapi Allah ﷻ yang maha Mengetahui menyuruh nabi Nuh alayhissalam untuk meninggalkan anaknya, membiarkan anaknya dalam kesesatan di tengah banjir besar kala itu. Allah ﷻ tahu bahwa anak Nuh tidak akan pernah beriman. Apa pun usaha nabi Nuh alayhissalam hasilnya akan tetap sama. Anaknya akan tetap membangkang.

Hal seperti ini terjadi pada anak nabi Nuh. Bukan pada anak kita. Oleh karena itu mengapa kita harus berputus-asa pada anak kita? Kita tidak boleh berputus asa. Pintu tobat bagi kita, bagi anak-anak kita masih terbuka.

🌱🌳🌸

Ada sebuah cerita, seorang murid ustaz Nouman yang berasal dari New York – ustaz mengajarinya bahasa Arab sendiri – murid ini pergi jauh keluar negeri untuk melanjutkan kuliahnya. Beberapa tahun kemudian ia kembali sebagai seorang Ateis. Ia tidak lagi percaya pada agama Islam. 

Ia banyak berargumen atas dirinya yang Ateis. Ustaz Nouman, dan ustaz lainnya sudah banyak yang duduk berdiskusi dengannya. Tapi ia tetap bersikukuh dengan keyakinan ateisnya Namun ustaz tetap berusaha menjaga hubungan dengan mantan muridnya itu. Ustaz tidak langsung mengajaknya berbicara tentang Islam lagi, ustaz mengajaknya menonton film bersama dan hal-hal ringan lainnya. Hanya untuk menjaga hubungan dengan mantan muridnya itu.

Dua tahun kemudian ustaz Nouman bertemu kembali dengan orang itu di masjid saat salat Jumat. Semoga jamaah salat Jumat sangat marah dengan orang itu, mereka menyebutnya sebagai seorang Murtad. Tapi nyatanya orang itu telah kembali kepada Islam. Ia berdiri ditengah-tengah mereka untuk menjalankan salat Jumat bersama-sama jamaah lainnya.

Begitulah pesan moralnya, jangan berputus-asa atas keimanan orang lain, terutama anggota keluarga kita, anak-anak kita.

🌱🌳🌸🌱🌳🌸

Sumber : Bayyinah TV / Home / Quran / Courses/ Parenting/ 24. What to Do with Parenting (25.45-End)

🌱🌳🌸🌱🌳🌸


Penutup

Semoga Allah terangi, lembutkan, dan kuatkan hati kita dengan cahaya-Nya.🤲

Mohon doakan kami agar bisa istiqomah berbagi mutiara-mutiara-Nya.🙏

Jazakumullahu khairan😊

Salam,

The Miracle Team 

Voice of Bayyinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s