[VoB2021] Saatnya Memilih


Voice of Bayyinah (VoB) Hari ke-380

Topik: Pearls from Al Baqarah

Selasa, 6 Juli 2021

Materi VoB Hari ke-380 | Saatnya Memilih

Oleh: Muchamad Musyafa’

#TuesdayAl-BaqarahWeek55

🌻🌻

Apa kesan kita ketika membayangkan seseorang yang tersesat di sebuah gurun pasir yang tandus? Dia di sana tanpa adanya bantuan sama sekali. Allah ο·» telah melupakannya.

… Allah melenyapkan cahaya (yang menyinari) mereka dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat. (QS. Al-Baqarah 2:17)

… Sekiranya Allah menghendaki, niscaya Dia hilangkan pendengaran dan penglihatan mereka. (QS. Al-Baqarah 2:20)

🌻🌻

Kesan yang muncul ketika seseorang membaca ayat-ayat di atas adalah seakan-akan manusia benar-benar dibiarkan dan dilupakan oleh Allah ο·». Hal itu sungguh akan mengkhawatirkan diri kita.

🌻🌻

Ada tiga kelompok orang yang dibahas di awal surat Al-Baqarah. Jika kita bisa mengingat pembahasan sebelumnya, orang tersebut adalah:

🌻 1. Kelompok orang yang beriman

🌻 2. Kelompok orang kafir. Mereka adalah orang yang tidak beriman kepada ajaran Islam, lalu menentang keras ajaran-ajaran Islam.

🌻 3. Dan kelompok orang munafik

🌻🌻

Lalu, bagi kita yang membaca ayat-ayat ini, bagi mereka yang baru mempelajari Al-Qur’an. kita dan mereka akan bertanya-tanya. 

🌻 Masuk ke golongan manakah diriku ini?

🌺🌺

Ada orang-orang statusnya ada di luar tiga kelompok di atas. Mereka adalah orang-orang yang baru mencoba mendengarkan Al-Qur’an. Dan mereka ini belum beriman kepada Al-Qur’an. Mereka bukanlah orang kafir yang menentang keras ajaran Islam. Mereka juga bukan golongan orang munafik. Mereka tidak tahu di mana posisi mereka.

🌺🌺

Sebelumnya mereka tidak pernah mendengarkan berita tentang Islam. Kondisi mereka hanya terapung-apung saja. Mereka ada di dalam kondisi netral. Tapi kini mereka sudah mendengarkan Al-Qur’an. Mereka mendengarkannya dengan hati mereka.  Kini saatnya mereka harus memutuskan posisi di mana mereka. Mereka harus membuat pilihan. 

🌺 Kelompok manakah yang akan diselamatkan oleh Allah ﷻ ?

🌺🌺

Mereka adalah kelompok yang mau menerima petunjuk. Mereka yang beriman kepada yang gaib. Mereka melaksanakan salat. Mereka menginfakkan sebagian rezeki yang diberikan kepada mereka. Mereka yang beriman kepada Al-Qur’an dan kitab-kitab sebelumnya. Mereka yakin akan adanya akhirat.

🌺 Pada ayat ke-21 ini, Allah ο·» berfirman, 

Wahai manusia! Sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang yang sebelum kamu, agar kamu bertakwa (QS. Al-Baqarah 2:21)

🌺🌺

Di ayat ini, Allah ο·» mengajak semua manusia yang masih belum memilih posisi mereka. Allah ο·» mengajak mereka untuk menyembah Dia. Dengan menyembah Allah ο·» maka mereka akan selamat, mereka akan beruntung, mereka akan sukses.

🌺🌺

Bagi mereka yang sebelumnya di posisi netral, kini mereka telah mendengarkan sebuah ajakan untuk memeluk Islam. Kini mereka harus memilih.

🌻🌻

Agama Islam bukanlah ajaran filosofi semata. Agama kita membutuhkan perubahan nyata ketika seseorang masuk ke dalamnya.

Ada orang-orang yang belajar tentang teologi, filosofi, yang hal-hal yang gaib. Mereka menghabiskan waktu sehari-hari mereka untuk mempelajarinya. Namun apa yang telah mereka pelajari itu tidaklah mengubah pandangan hidup mereka. Tidak mengubah perilaku mereka dalam hidup.

🌻🌻

Seharusnya ketika seseorang telah mempercayai adanya malaikat, hari kiamat, hari penimbangan amal, semua hal-hal yang gaib, maka akan ada perubahan perilaku pada hidup mereka.

Seharusnya ketika seseorang makin berilmu, keimanan mereka bertambah. Mereka akan makin menjaga perilaku mereka.

InsyaAllah berlanjut minggu depan

🌻🌺🌻🌺🌻

Sumber: Bayyinah TV > Surahs > Deeper Look > 08. Al-Baqarah (Ayah 21-23) – A Deeper Look (0:22:45 – 0:25:46)

🌻🌺🌻🌺🌻


Penutup

Semoga Allah terangi, lembutkan, dan kuatkan hati kita dengan cahaya-Nya.🀲

Mohon doakan kami agar bisa istiqomah berbagi mutiara-mutiara-Nya.πŸ™

Jazakumullahu khairan😊

Salam,

The Miracle Team 

Voice of Bayyinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s