[SSR1442] QS. At-Takatsur


Sharing Subuh Ramadan #2

Waktu: 14 April 2021

Kontributor: Achmad Safiq Bafadhal

Notulis: Sylvani Dewita

Tujuan Ramadhan adalah agar kita bersyukur. Bulan Ramadhan itu special karena merupakan bulan diturunkannya al-quran sehingga salah satu bentuk syukur kita adalah meningkatkan kualitas hubungan kita dengan alquran dengan tilawah atau mendalami tafsir alquran.

Surah ini bisa menjadi peringatan dan ancaman.

Ayat 1 surah at takasur

Alha artinya hiburan. Pada zaman sekarang ini hiburan ini merupakan hal yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Tujuan dari hiburan ini adalah mendistrak kita dari melakukan hal yang penting menjadi melakukan hal yang kurang bermanfaat.

Kata ke dua

At-takasur itu artinya bermegah megahan. Dari kata katsir artinya banyak.

Allah mengingatkan kita bahwa sikap kita yang suka berlebih-lebihan ini telah mengalihkan kita.

Hal ini akan sangat terasa saat kita memasuki bulan Ramadhan. Contohnya saat bulan Ramadhan belanja bulanannya jadi lebih banyak dibanding bulan lainnya.  Hal ini dikhawatirkan ini merupakan bagian dari ancaman yang diberikan Allah saat kita mulai berlebihan. Ramadhan merupakan bulan yang paling tepat bagi kita untuk melakukan muhasabah diri. Bulan ini merupakan bulan yang akan menunjukkan siapa sebenarnya diri kita.

Allah berfirman bahwa manusia itu berlebih-lebihan sampai mereka meninggal.

Permasalahannya sekarang adalah bagaimana kita menyikapi isi surat ini.

  1. Allah menyampaikan bahwa tabiat manusia itu memperbanyak, bermegah-megahan, berlebih-lebihan dalam konteks yang sangat luas.
  2. Ternyata tabiat manusia tersebut adalah sampai meninggal. Oleh sebab itu seharusnya kita mau mengevaluasi dan memperbaiki diri kita setiap waktu. 
  3. Allah cukup jarang menyampaikan peringatan dalam alquran sebanyak 2x berurutan sebagaimana dalam surah at-takasur ini.
  4. Pada penutup surah ini Allah berfirman bahwa setiap manusia akan ditanyakan tentang setiap tindakan kita (nikmat yang terlihat dan nikmat yang tidak terlihat)

Kenapa umat nabi Muhammad special? Karena nabi Muhammad itu sendiri dan juga al-quran. Kenapa malam lailatul qadar special? Karena pada malam itulah al-quran diturunkan.

Kalau kita ingin hidup kita spesial maka sudah seharusnya kita mendekatkan interaksi kita dengan alquran.

Sesi sharing

  1. Zuhud artinya tak ada sesuatu apapun yang melekat pada diri kita. Tidak ada sesuatu apapun yang melekat pada diri kita. Sehingga kita dapat menjaga diri dalam menjalani kehidupan agar tidak berlebih-lebihan.  Dan perbanyaklah syukur. Syukur adalah tujuan Ramadhan.
  2. Bagaimana cara mengurangi berlebih lebihan apalagi saat berbuka puasa?

Jawab : ingatlah bahwa nikmatnya makan hanya sebatas kerongkongan makanya sesuaikan jumlah makanan dengan kebutuhan kita. Lalu ikuti sunnah nabi yakni berbuka dengan kurma atau ruttab atau air putih. Usahakan makan berat setelah tarawih.

  • Berlebihan tidak cumin makanan tapi juga banyak hal lagi seperti pakaian. Allah befirman dalam surat at-takasur tentang berlebih-lebihan kemudian kalimat selanjutnya sampai ke dalam kubur. Sebenarnya apa yang ingin disampaikan oleh Allah. Setelahnya juga ada kalimat yang berulang, sehingga apa maksud Allah dalam surat at-takasur ini?

Jawab : ancaman terhadap manusia yakni : dihancurkan, hari perhitungan, dan neraka

Untuk umat nabi Muhammad ancamannya adalah hari perhitungan dan neraka.

Dalam surat at-takasur ayat 1 Allah berfirman bahwa manusia itu akan terus berlebih-lebihan sampai manusia itu maksud kubur. Sehingga Allah memberi peringatan agar manusia tidak berlebihan. Jangan sampai manusia tersebut baru percaya peringatan tersebut saat sudah sampai diakhirat dan melihat langsung neraka tersebut.

Ingatlah setiap nikmat Allah pada diri kita akan ditanya di akhirat kelak.  Intropeksi diri apakah kita masih murni menjadi hamba Allah. Bukan budak dunia.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=gVp3wdnRdH0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s