[MFA2021] Bisnis Anti Rugi – Isabella Kirei


Bismillah.

Gak perlu jadi enterpreneur untuk tahu, bahwa bisnis yang sukses itu adalah bisnis yang profitnya tinggi. Sedangkan bisnis yang gagal itu, yang gak balik modal, bahkan yang rugi.

Sudah jadi pengetahuan umum juga bahwa siapa pun yang ingin terjun di dunia bisnis, harus berani untuk rugi. Karena dalam perjalanan membangun bisnis, pasti ada momen saat cuma dapet keuntungan sedikit, atau rugi.

Tapi… ternyata ada satu ayat dalam Al-Qur’an yang memberitahu kita bahwa sebenarnya ada bisnis yang anti rugi.

***

 إِنَّ ٱللَّهَ ٱشْتَرَىٰ مِنَ ٱلْمُؤْمِنِينَ أَنفُسَهُمْ وَأَمْوَٰلَهُم بِأَنَّ لَهُمُ ٱلْجَنَّةَ ۚ يُقَـٰتِلُونَ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ ۖ وَعْدًا عَلَيْهِ حَقًّۭا فِى ٱلتَّوْرَىٰةِ وَٱلْإِنجِيلِ وَٱلْقُرْءَانِ ۚ وَمَنْ أَوْفَىٰ بِعَهْدِهِۦ مِنَ ٱللَّهِ ۚ فَٱسْتَبْشِرُوا۟ بِبَيْعِكُمُ ٱلَّذِى بَايَعْتُم بِهِۦ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. [Surat At-Taubah (9) ayat 111]

Ramadan ini, saya diminta membantu ibu jualan baju di kios kecil Pasar Wage Purwokerto. Sistem jual belinya masih tradisional, ada sistem tawar-menawar. Karena tiap hari melihat proses transaksi tersebut, aku jadi teringat sebuah ayat dalam Quran. Salah satu ayat favorit, yang penjelasannya saya dengarkan berulang-ulang.

Ustaz Nouman menjelaskan, bahwa manusia itu menyukai transaksi yang cepat (tijaratan hadhira). Manusia suka yang instan, kalau bisa bayar sekarang, dapat sekarang. Dikirim langsung hari itu. Satu-satunya yang suka ditunda adalah proses pembayaran. Misal beli mobil/rumah dapet di awal, tapi bayarnya nyicil.

Sedangkan di ayat ini Allah menawarkan jual-beli pada kita, tapi sistemnya justru terbalik. Kita diminta “membayar terlebih dahulu” untuk kemudian menikmati hasilnya nanti … nanti di akhirat.

Allah menawarkan bisnis anti rugi. Allah membeli diri dan harta orang-orang beriman. Allah membeli waktu kita, tenaga kita, pikiran kita. Dan sebagai gantinya Allah akan memberikan kita surga beserta seluruh kenikmatan di dalamnya yang jauh lebih baik dan lebih kekal dibandingkan kesenangan semu di dunia.

Ayat ini adalah pengingat, setiap kali kita tergoda akan bisikan setan atau gemerlap dunia yang menawarkan kesenangan semu yang bisa segera kita rasakan.

Setiap kali kita dihadapkan dua pilihan, ayat ini menjadi penguat lagi. Sehingga kita memilih untuk melawan hawa nafsu kita yang condong pada keburukan. Kenapa? Karena kita tahu, bahwa kita sedang “jual beli” dengan Allah. Karena kita tahu, dunia itu terlalu remeh dan kecil kalau kita tukarkan dengan kehidupan akhirat kita.

Dan proses “bisnis anti rugi” ini gak mudah. Bahkan Ustaz Nouman menjelaskan, bisa jadi semua orang akan mencemooh atau tidak mendukung keputusan kita. Satu-satunya yang akan memberi kita selamat adalah Allah.

Akan kita temui suara sumbang, berbisik, atau justru lantang di depan wajah kita, menganggap kita aneh. Karena kita memilih mengenakan hijab saat kebanyakan orang mempertontonkan kecantikan dan auratnya.

Mungkin banyak yang akan memicingkan mata, karena kita memilih hadir di majelis ta’lim, membaca Quran, ketimbang duduk di kafe ngerumpiin rumor artis A, atau keburukan teman B yang begini dan begitu.

Bahkan dari orang-orang terdekat kita, bisa jadi mereka juga tidak suka kita memilih jalan ini, memilih bisnis yang anti rugi ini.

Dan satu-satunya yang akan menguatkan kita adalah kalamullah. Ayat-ayat-Nya yang kita usahakan baca dan tadabburi tiap hari.

فَٱسْتَبْشِرُوا۟ بِبَيْعِكُمُ ٱلَّذِى بَايَعْتُم بِهِۦ ۚ وَذَٰلِكَ هُوَ ٱلْفَوْزُ ٱلْعَظِيمُ

Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. [Surat At-Taubah (9) ayat 111]

“Everybody is telling me I am dumb, I’m making dumb decisions.

“Am I really missing out on life? Am I doing this right?”

And then you open Allah’s book, and Allah says, “Congratulations! You made a good sale.”

The only one to congratulate you in this scenario is not gonna be your friends.

It’s not even gonna be your family sometimes.

The only one to congratulate you will be ALLAH.

The congratulations will come from nowhere else. Nobody else will think, you’re making a wise decision.

The only one to congratulate you will be ALLAH.” – Nouman Ali Khan

***

Semoga Allah memberikan kekuatan dan kemudahan agar kita istiqomah di jalan yang lurus.

Semoga setiap kali godaan setan hadir, atau kilaunya dunia hampir membuat kita membuta, kita teringat ayat ini. Bahwa Allah menawarkan pada kita bisnis anti rugi. Bahwa kita, sedang melakukan jual beli dengan Allah. Dan bahwa Allah, secara langsung memberikan kita kata “selamat”. Fastabsyiru bibai’ikumulladzi baya’tum bih.

Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang mendapatkan kemenangan yang besar. Aamiin.

Allahua’lam bishowab.

Sumber: https://youtu.be/z2zPpj1V31I

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s