[VoB2021] Sudah Hapal Belum?


Voice of Bayyinah (VoB) Hari ke-278

Topik: Pearls from Al-Kahfi

Jum’at, 26 Maret 2021

Materi VoB Hari ke-278 Pagi | Sudah Hapal Belum?

Ditulis oleh: Ayu S Larasaty

#FridayAlKahfWeek40Part1

Part 1

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِیمِ

Yeay! Hari ini kita sudah masuk ke pembahasan berikutnya yakni membahas kitab yang ditulis oleh Imam An-Nawawi Bab Dajjal, dampaknya, pengikutnya, ujian-ujian yang berkaitan dengannya, penjelasan arti kata Dajjal, dan isu lainnya terkait Dajjal.

Kita akan membahas banyak hal ke depannya terkait Dajjal ini.

Namun, di awal Ustaz melafalkan doa yang senantiasa dibaca oleh Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wassalam agar terhindar dari fitnah Dajjal di dalam buku tersebut.

“Allaahumma inni a’uudzubika min ‘adzaabil qabri

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari adzab kubur

wa a’uudzubika min ‘adzaabinnaari jahannama

dan berlindung dari azab neraka Jahannam

wa a’uudzubika min ‘adzaabil qabr

dan berlindung dari azab kubur

wa a’uudzubika min fitnatin ghina

dan berlindung dari fitnah kekayaan

wa a’uudzubika min fitnatin faqri

dan berlindung dari fitnah kefakiran

wa a’uudzubika min fitnatil mahyaa wal mamaati

dan berlindung dari fitnah kehidupan dan kematian,

wa a’uudzubika min fitnatil masiihid dajjaal.”

dan berlindung dari keburukan fitnah Dajjal.

Sudah hapal belum, kawan?

Ustaz menyarankan kita semua untuk merutinkan bacaan tersebut karena fitnah Dajjal ini sangatlah dahsyat. Melalui dua senjata utama yakni tipu muslihat dan iming-iming materi, Dajjal dikisahkan hadir di masa-masa fitnah.

Sebuah masa yang tepat, sehingga Dajjal berhasil menyedot massa yang tidak sedikit, yang segera akan digiring ke dalam surganya (baca: neraka-Nya). Mayoritas pengikut Dajjal adalah mereka yang tidak memiliki furqon (kemampuan memilih antara hak dan batil). Namun Ustaz juga mengatakan bahwa seseorang yang beriman saat tidurnya, sangat mungkin terbangun dalam keadaan tidak beriman.

Oleh karenanya, Rasulullah shalallaahu ‘alaihi wassalam memberi teladan kepada kita dengan berdoa kepada Allah dari fitnah Dajjal.

Yuk dihapalkan dan dipraktekkan. 

Sumber:  Bayyinah TV – Quran – Deeper Look – 09. Al Kahf and Dajjal Part 2 (01:30-05:20)


Materi VoB Hari ke-278 Siang | Fitnah Dajjal

Ditulis oleh:  Ayu S Larasaty

#FridayAlKahfWeek40Part2

Part 2

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِیمِ

Berikutnya Ustaz menjelaskan tentang hadits shahih riwayat Muslim yang menceritakan dengan detail tentang fitnah Dajjal.

Hadits tersebut menjelaskan bahwa Dajjal bukanlah sebuah ideologi, sebuah pemikiran atau sesuatu yang abstrak. Dajjal memiliki wujud dan dia berwujud manusia. Namun Dajjal diberikan kemampuan yang berdampak pada orang banyak di masanya.

Dan kemunculan Dajjal dikarenakan sebagai cara Allah menguji hamba-hambaNya,

Allah memberikan Dajjal kekuatan yang orang-orang pada masa tersebut ketahui hanya bisa dilakukan oleh Tuhan yakni menghidupkan orang yang sudah mati.

Allah juga memberikan Dajjal kemampuan untuk menampakkan dan memperindah kehidupan serta dunia. Allah mampukan Dajjal menjadikan tanah yang semula gersang menjadi subur.

Allah juga berkehendak atas kemampuannya menghadirkan sumber daya alam dan mineral untuk meghidupi para pengikutnya.

Allah mampukan dia menurunkan hujan di saat banyak daerah mengalami kekeringan.

Tapi tak sampai di situ, Allah juga memberikan kemampuan Dajjal untuk memunculkan tampilan surga dan neraka yang penuh tipu daya tentunya. Surga yang ditampilkan sejatinya adalah neraka Jahannam, demikian pula neraka yang ditampilkan sejatinya adalah Surga.

Sungguh dahsyat bukan?

Hal itu bukanlah suatu hal yang sepele dan dapat diabaikan, “Ah aku pasti mampu melaluinya”. Kita perlu berhati-hati dan mempersiapkan diri karena seperti yang dikatakan sebelumnya, fitnah Dajjal sangat dahsyat sehingga dapat menjadikan seseorang yang malamnya beriman, di pagi hari ia terbangun sebagai pengikut Dajjal.

Namun selayaknya hal bathil di muka bumi lainnya, fitnah Dajjal meski sedahsyat itu takkan mampu melawan kehendak Allah Sang Mahakuasa.

Allah takdirkan dan jadikan Dajjal tak berdaya pada waktunya, kehilangan kekuatan hingga mati dibunuh oleh Nabi ‘Isa ‘alaihi salaam.

Sumber: Bayyinah TV – Quran – Deeper Look – 09. Al Kahf and Dajjal Part 2 (05:21 – 09:34)


Materi VoB Hari ke-278 Sore | Mereka yang Tidak Percaya

Ditulis oleh:  Ayu S Larasaty

#FridayAlKahfWeek40Part3

Part 3

بِسۡمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحۡمَـٰنِ ٱلرَّحِیمِ

Namun tetap ada beberapa golongan yang tidak memercayai bahwa Dajjal itu berwujud manusia. Di antaranya adalah golongan Khawarij dan Mu’tazilah.

Golongan Khawarij berpendapat bahwa apa yang diciptakan Allah tidak mungkin dapat bersifat destruktif dan merusak. Sehingga jika Dajjal itu ada, maka bentuknya adalah ide.

Lalu golongan Mu’tazilah yang berpendapat jika Dajjal itu berwujud manusia, maka dia tidak mungkin memiliki mukjizat yang sama atau melebihi mukjizat Nabi Muhammad. Apalagi Dajjal tidak pernah mengaku diri sebagai Nabi.

Pendapat ini dibantah oleh Imam An-Nawawi karena Dajjal tidak mengaku dirinya sebagai Nabi, melainkan sebagai Tuhan yang patut untuk disembah. Lalu saat Allah lenyapkan kemampuannya, orang-orang dapat melihat wajahnya yang buruk rupa.

Dajjal pun juga tidak mampu untuk melakukan segalanya sendiri, dia membutuhkan pemujanya. Dia juga tidak mampu memperbaiki wajahnya sendiri, dia tidak mampu untuk melengkapi matanya menjadi dua, dia juga tidak bisa langsung menyingkirkan orang yang tidak percaya bahwa dia adalah Tuhan, dia juga tidak mampu menghilangkan kemampuan orang-orang yang dapat melihat kata kafir di dahinya.

Dajjal pada akhirnya membuktikan dirinya bukanlah Tuhan. Sehingga menurut beliau orang-orang yang tertipu dengan fitnah Dajjal dan orang yang menyatakan Dajjal tidak berwujud manusia adalah termasuk orang-orang yang bodoh.

Wallahu ‘alam bish-shawwab

Sumber: Bayyinah TV – Quran – Deeper Look – 09. Al Kahf and Dajjal Part 2 (09:34 – 13:20)


Semoga Allah terangi, lembutkan, dan kuatkan hati kita dengan cahayaNya.🤲

Mohon doakan kami agar bisa istiqomah berbagi mutiara-mutiaraNya.🙏

Jazakumullahu khairan😊

Salam,

The Miracle Team

Voice of Bayyinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s