SSS Nasihat Spesial untuk Nabi Isa – Nouman Ali Khan


🌿🌿 *SSS NAK Indonesia* 🌿🌿

Bismillahirrahmanirrahim.

In syaa Allah hari ini kita ada agenda rutin sharing pekanan.

Teknisnya:

1⃣ Tonton video ini ⬇️

**Kurang dari 8 menit. Ada subtitlenya.

2⃣ Catat poin-poin menarik, insight, share ke sosial media/blog/podcast.

3⃣ Kirim tanggapan/pertanyaan terkait video di grup wa/telegram NAKIndonesia.

🗓 SSS-nya in syaa Allah dilaksanakan tiap Sabtu paralel di grup whatsapp dan telegram NAK Indonesia.

Yuk ramaikan ^^

🌼🌼🌼

👤 Mas Ario

Nabi Isa disalib, di kisah ini teman-teman sempat bingung ga?

Karena saya dulu butuh waktu untuk memahaminya kalau bukan nabi Isa yang disalib tapi orang lain.

👤 Mba Maneea

Big question : apakah teori substitusi sesuai dg penjelasan dlm alquran?

👤 Mas Ario

Teori apakah ini?

Teori orang yang disalib adalah orang yang diserupakan nabi Isa?

👤 Mba Maneea

Iya

👤 Mas Ario

Ucapan Yahudi: “Sesungguhnya kami telah membunuh Al Masih, Isa putra Maryam, Rasul Allah”, padahal mereka tidak membunuhnya dan tidak (pula) menyalibnya, tetapi (yang mereka bunuh ialah) orang yang diserupakan dengan Isa bagi mereka. Sesungguhnya orang-orang yang berselisih paham tentang (pembunuhan) Isa, benar-benar dalam keragu-raguan tentang yang dibunuh itu. Mereka tidak mempunyai keyakinan tentang siapa yang dibunuh itu, kecuali mengikuti persangkaan belaka, mereka tidak (pula) yakin bahwa yang mereka bunuh itu adalah Isa. (QS. an-Nisa: 157).

👤 Mas Ario

“Ketika Allah ingin mengangkat Isa -‘alaihis salam– ke langit, beliau pun keluar menuju para sahabatnya dan ketika itu dalam rumah terdapat 12 orang sahabat Al- Hawariyyun. Beliau keluar menuju mereka dan kepala beliau terus meneteskan air. Lalu Isa mengatakan, “Sesungguhnya di antara kalian ada yang mengkufuriku sebanyak 12 kali setelah ia beriman padaku.” Kemudian Isa berkata lagi, “Ada di antara kalian yang akan diserupakan denganku. Ia akan dibunuh karena kedudukanku. Dia pun akan menjadi teman dekatku.” Kemudian di antara para sahabat beliau tadi yang masih muda berdiri, lantas Isa mengatakan, “Duduklah engkau.” Kemudian Isa kembali lagi pada mereka, pemuda tadi pun berdiri kembali. Isa pun mengatakan, “Duduklah engkau.” Kemudian Isa datang lagi ketiga kalinya dan pemuda tadi masih tetap berdiri dan ia mengatakan, “Aku, wahai Isa.” “Betulkah engkau yang ingin diserupakan denganku?” ujar Nabi Isa.

Kemudian pemuda tadi diserupakan dengan Nabi Isa. Isa pun diangkat melalui lobang tembok di rumah tersebut menuju langit.

Ibnu Katsir mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih sampai Ibnu ‘Abbas. An-Nasa’i meriwayatkan hadits ini dari Abu Kuraib dan dari Abu Mu’awiyah serta semisalnya.

👤 Mas Agung

Kemarin saya iseng2 nonton film tentang Yesus berdasarkan versi saudara kita umat Nasrani.

Ingin tahu Nabi Isa di mereka itu seperti apa tujuannya. Dan ternyata mirip sekali ajaran-ajarannya dengan ajaran Rasulullah shallahu alaihi wassalam

Saya ngerasa kegiatan yang dilakukan Yesus dan para sahabatnya di film itu ada kemiripan dengan Rasulullah shallahu alaihi wassalam.

Yang sangat nyata berbeda tentu versi di salib di bagian akhirnya, dan tentu versi Maryam di Islam lebih baik, lebih terjaga kesuciannya, karena di Nasrani ternyata Maryam punya tunangan ketika hamil bayi Yesus.

Bahkan di menit 24:40 film itu, Yesus mengatakan aku berpuasa, berzakat. Ada adegan juga Yesus mengatakan kalau meminjamkan uang, niatnya bantu, jangan meminta lebih (riba).

Alhamdulillah, ajaran ajaran Yesus di film itu tetap di pegang teguh oleh umat Islam saat ini.

👤 Mas Ario

Kalau kata Dr Waleed, ada sekitar 250 juta umat kristen yang ga merayakan natal karena bagi mereka natalnya jatuh pada 7 januari

👤 Mas Radit

Kalau riset saya, dgn mempelajari surah Maryam 25 & kitab Loukas 2:8, lalu dihubungkan dgn kalender Yahudi, justru menunjukkan bahwa kelahiran ‘Isa _’alayhissalām_ sekitar bulan September

🙏🏻

👤 Mas Agung

Boleh tau kah pak kok bisa jadi september?

👤 Mas Radit

Betul pak

Bahkan kalau di telaah 4 kitab Injil, banyak ajaran Yesus Kristus di sana yg sama dgn ajaran Rasulullāh _shallallāhu’alayhiwasallam_; termasuk tawhid nya

🙏🏻

👤 Mas Radit

Agak panjang sebenarnya, tapi ringkasnya kira2 ini :

– kurma _ruthaban janiyyan_ (Maryam 25) = kurma matang segar yg baru dipetik & sebelum dikeringkan

– masa panen kurma = antara bulan Ags-Okt (kalender Masehi) = bulan Elul s/d Tishri/Ethanim (kalender Yahudi)

– gembala jaga ternak di padang pada malam hari (Loukas 2:8) = musim semi – musim panas = bulan Sivan s/d Tishri/Ethanim (kalender Yahudi) = bulan May – Sep (kalender Masehi)

Jadi besar kemungkinan nya : lahir pada musim panas, saat kurma matang-pohon, antara bulan Elul s/d Tishri/Ethanim atau bulan Ags-Okt

Bagaimana dapat bulan Sep?

Dari perhitungan jarak usia Yesus Kristus & Yoannes Pembaptis di 4 kitab Injil

– Maryam hamil Yesus Kristus = usia kandungan Elisabet 6 bulan (Louk 1:24-36) = selisih usia kandungan kedua nya 6 bulan

– Zakariyya _’alayhissalām_ selesai bertugas sbg imam lalu pulang lalu mendapati Elisabet hamil = Louk 1:23-24

– Zakariyya _’alayhissalām_ menjadi imam diperkirakan sekitar bulan Jun (kalender Masehi)

Jadi :

– Yoannes Pembaptis dikandung = bulan Jun (kalender Masehi)

– Yoannes Pembaptis lahir = Jun + 9 bulan = bulan Mar tahun berikutnya (kalender Masehi)

– Yesus Kristus lahir = kelahiran Yoannes Pembaptis + 6 bulan selisih usia kandungan = bulan Sep

Kesimpulan :

Yesus Kristus lahir saat kurma matang-pohon, saat musim panas, sekitar bulan Sep kalender Masehi

_Wallāhu’alam_

👤 Mas Agung

Ia pak, bahkan berkali-kali Yesus di film itu  menengadah ke langit sambil berkata

” Terpujilah Allah, Tuhan semesta alam “

Ini kan ucapan Alhamdulillah kalau di Islam

👤 Mas Agung

Nikmat besar yang benar-benar harus disyukuri, kita beragama Islam.

👤 Mas Agung

Nanya satu lagi pak, mungkin pak Radit tahu.

Kan kalau di agama mereka itu banyak ajaran2 Yesus yang justru di jalankan umat muslim, sementara mereka gak ngamalin

Apa alasannya ya mereka gak jalanin?

Apakah karena dianggap sudah gak valid dan cuma ikut perjanjian baru atau bagaimana?

👤 Mas Radit

Seru pak, kalau studi ttg bagaimana justru Yesus Kristus itu mengajarkan tawhid yg disalah artikan oleh umat Kristiani saat ini

Termasuk juga kesalah pahaman karena teks2 dalam 4 Injil yg bukan dari ajaran Yesus Kristus sendiri tapi tambanan2 dari penulis (spt doktrin dari kitab Yoannes 1:1-14)

Justru semakin dipelajari, alhamdu-li-الله semakin saya yaqin ttg Islam

_Wallāhu’alam_

👤 Mas Radit

Sebenarnya kalau teks asli ayat nya (an Nisa 157), redaksi nya hanya :

_… wa lakin syubbiha lahum_

Kalau terjemahan Kemenag :

“…tetapi orang yg diserupakan dgn ‘Isa”

Kalau terjemahan Abdul Haleem (rekomendasi Ustad Nouman) :

“… though it was made to appear like that to them”

Jadi redaksi teks asli ayatnya tidak sebut ttg adanya sosok yg diserupakan

Yg menyebutkan ttg adanya sosok yg diserupakan dgn ‘Isa _’alayhissalām_ adalah kitab2 tafsir (misal Tafsir ibn Katsir)

_Wallāhu’alam_

👤 Mas Radit

Karena dalam pemahaman mereka, Yesus Kristus sudah memenuhi semua hukum Torah

Pemahaman ini muncul dari pernyataan2 Paulos :

– surat ke Roma 6:14-15, 8:1-4, 10:4,

– surat ke Galatia 3:23-27

– kitab Kisah 13:38-39

– …dan masih banyak lagi

Jadi tidak salah kalau ada yg menyimpulkan bahwa agama Kristiani saat ini adalah hasil dari pemahaman Paulos

_Wallāhu’alam_

👤 Mas Agung

Maksudnya Yesus sudah memenuhi tuh gimana ya pak?

_” Kan zakat udah dikerjain Yesus, ya kita kita mah udah kaga perlu lagi dong… “_

Gitu kah pak?

👤 Mas Radit

Bukan pak 🙏🏻

Jadi menurut mereka, perjalanan hidup Yesus Kristus, sejak lahir hingga disalib, lalu bangkit & terangkat ke langit, semua itu dipahami sbg sudah memenuhi seluruh tatanan hukum Torah Yahudi

Begitu pak kira2

_Wallāhu’alam_

👤 Mas Radit

Masalahnya, setelah saya studi ulang apa2 saja yg disebut oleh umat Kristiani sbg “Yesus Kristus memenuhi nubuwah dalam Tanakh (Torah dkk)”, dgn mengacu pada teks asli & tafsir2 para rabbi Yahudi, justru sangat terlihat bahwa umat Kristiani salah menafsirkan bahkan salah menerjemahkan (atau dibalik : salah menerjemahkan shg salah menafsirkan)

Banyak kok, yg tidak klop antara klaim dgn sumber dari klaim tsb

_Wallāhu’alam_

👤 Mas Radit

Nah, ini sumbernya dari kitab Tafsir ibn Katsir, dgn riwayat bersanad shahih (menurut beliau) hingga ibn Abbas

Jadi tidak masalah kalau ikut penjelasan Tafsir ibn Katsir

Karena sebenarnya disiplin ilmu Quran, dgn memahami Quran dibantu kitab2 tafsir para ulama Islam, juga dilakukan oleh disiplin ilmu Torah, yaitu memahami Torah dibantuk kitab2 tafsir para rabbi Yahudi

Hanya umat Kristiani yg berbeda, karena dibebaskan utk menafsirkan sesuai pandangan masing2 tanpa perlu dasar keilmuan yg mumpuni

_Wallāhu’alam_

👤 Mas Radit

Amat sangat besar sekali pak, ni’mat iman Islam

Setidaknya walau dalam Islam ada beberapa “aliran”, tawhid nya sama

Kalau pun beda, konteks nya di luar teologi tawhid itu

Kalau di antara umat Kristiani, bahkan teologi / ketuhanan mereka bisa beda2, dan itu mereka saling konflik

Ada yg pahamnya Yesus Kristus itu salah satu dari 3 pribadi dari Tuhan YME

Ada yg pahamnya Yesus Kristus itu adalah Tuhan YME itu sendiri

Ada yg pahamnya Yesus Kristus itu hanya manusia utusan dgn kemampuan ilahiyah karena dia adalah firman Tuhan YME yg jadi manusia

Ada yg pahamnya Yesus Kristus itu hanya manusia utusan dgn kemampuan ilahiyah karena diberikan oleh Tuhan YME

Yg terakhir ini, kalau tidak salah, yg disebut Unitarian

_Wallāhu’alam_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s