[VoB2020] Aset Berharga


بسم الله الرحمن الرحيم

Voice of Bayyinah (VoB) Hari ke-168

Topik: Leadership

Ahad, 6 Desember 2029

Materi VoB Hari ke-168 Pagi | Aset Berharga

Oleh: Ayu S Larasaty

#SundayLeadershipWeek24Part1

Part 1

———————————————

Dalam komunitas dan membangun organisasi, seringkali fokus kita adalah bagaimana cara mendanai suatu program kerja, dari program kerja yang bersifat pekanan hingga program besar yang bersifat tahunan. Namun Ustaz Nouman menyampaikan bahwa para pemimpin komunitas dan organisasi perlu melihat bahwa aset terbesar dalam organisasi itu bukanlah uang, melainkan orang-orangnya.

Orang-orang yang memiliki antusiasme, orang-orang yang berkontribusi dan mereka yang setia untuk mengerjakan program bersama dengan Anda, itulah aset berharga Anda dalam komunitas.

Ustaz Nouman berbagi cerita kepada kita semua, bahwa dalam menjalankan program bahasa Arab yang awalnya hanya berawal dari rekaman biasa. Namun, pada suatu hari Ustaz melihat seseorang yang beliau yakini sangat berbakat, cerdas, setia pada pekerjaannya dan selalu ingin berkontribusi untuk menjadikan program ini bisa diakses oleh khalayak luas.

Ustaz Nouman melihat itu, hal yang harus dimiliki oleh tiap-tiap pemimpin di organisasi dan komunitas. Kemudian Ustaz sering mengajaknya diskusi dan melibatkan orang tersebut dalam satu dua program, hingga akhirnya sekarang orang tersebut dipercaya mengepalai 17 program.

Jadi, aset yang paling berharga di komunitas dan organisasi itu bukanlah uang. Namun, bagaimana seorang pemimpin bisa melihat potensi seseorang untuk setia dan mau berkontribusi untuk komunitas dan organisasinya.

Itulah aset berharga Anda. 🙂

———————————————

Bersambung insyaaAllah ba’da dzuhur

Sumber: Bayyinah TV – Quran – Courses – Leadership – 05. Leadership Workshop (06.31 – 08.37)

*****


Materi VoB Hari ke-168 Siang | Punya Ide Banyak, Harus Apa?

Oleh: Ayu S Larasaty

#SundayLeadershipWeek24Part2

Part 2

———————————————

Berikutnya Ustaz Nouman memberikan sebuah nasihat bagi Anda yang merasa memiliki ide bagus dan layak untuk diterapkan dalam komunitas dan organisasi.

Terkadang orang-orang yang memiliki ide kerap bersedih karena menurutnya tak ada yang menanggapi idenya, tak ada yang peduli terhadap idenya, tidak ada yang men-support, tidak ada yang back-up dan alasan lainnya.

Well, ternyata menurut Ustaz Nouman hal-hal tersebut tidak layak dijadikan alasan. 

Iya, sih. Itu merupakan rentetan alasan. Namun Ustaz menambahkan beberapa ungkapan yang menurut beliau seringkali benar, yakni “Complaining is the weapon of the weak“, “Mengeluh adalah senjata orang lemah…”

Terkadang, alasan orang-orang tersebut tidak memulai adalah ketiadaan uang, ketiadaan fasilitas, ketiadaan tempat.

Bukankah banyak sekali pengajian yang dimulai dari kumpulan orang dari lingkaran kecil? 

Bukankah banyak sekali pembahasan sirah yang dimulai dari ngobrol-ngobrol di kafe?

Bukankah beberapa kali kita temukan sekolah untuk anak-anak itu dimulai dari belajar bersama di taman?

Banyak sekali hal kecil bisa dilakukan segera dan jika ide Anda memang bagus, maka lambat laun orang-orang akan merasakan manfaatnya sehingga banyak solusi yang ada di depannya.

Anda pasti mengetahui apa yang seringkali disampaikan oleh CEO start-up atau pengusaha saat mereka merintis usahanya, mereka tidak memulai di saat mereka memiliki uang yang cukup, orang-orang yang kuat untuk men-support dan back-up.

Mereka memulai dari ide yang tepat dan orang-orang yang tepat. 🙂

———————————————

Bersambung insyaaAllah ba’da ashar

Sumber: Bayyinah TV – Quran – Courses – Leadership – 05. Leadership Workshop (08.38 – 10.46)


Materi VoB Hari ke-168 Sore | Melibatkan Masjid

Oleh: Ayu S Larasaty

#SundayLeadershipWeek24Part3

Part 3

———————————————

Kali ini Ustaz membagi pengalaman beliau tentang bagaimana beliau berhasil menjalankan program kelas Bahasa Arabnya di hampir 400 masjid di Amerika.

Selain pengelolaan orang-orang yang ingin berkontribusi, lalu memiliki ide yang bagus, dan mau bergerak bersama untuk menjalankan ide dan program di organisasi Anda.

Anda juga perlu memahami apa yang menjadi target dan sasaran program Anda. Ustaz Nouman memiliki program yang luar biasa baik terkait bahasa Arab, hal itu berarti tempat yang paling mungkin memiliki banyak peminat adalah masjid.

Maka Ustaz pergi ke masjid dan mulai melakukan kerjasama dari masjid ke masjid. Hanya saja, agar tidak menghabiskan waktu berkomunikasi dan efisien dalam menjalankan program, kita harus lebih cermat dalam menentukan kepada siapa kita akan memaparkan ide-ide dan program yang sangat bermanfaat itu.

Karena terkadang malah kepala atau direktur organisasi tidak selalu memiliki peran penting, maksudnya kadang ada orang yang memang didengar dan berpengaruh di organisasi tersebut.

Nah!

Ustaz Nouman bilang, carilah orang seperti ini dalam menawarkan program-program Anda. Ajak mereka berbincang, jalin silaturahim, saling mengenal, lakukan dengan adab bermuamalah. Hingga akhirnya program Anda yang bagus itu dapat dilaksanakan di tempat mereka.

Namun, masih ada beberapa tips lagi, nih yang insyaaAllah bermanfaat untuk teman-teman yang kerap melakukan muamalah dengan orang-orang di masjid.

Silakan tunggu part berikutnya pekan depan! 🤭😉

———————————————

Bersambung insyaaAllah pekan depan.

Sumber: Bayyinah TV – Quran – Courses – Leadership – 05. Leadership Workshop (10.46 – 15.15)

*****


Semoga Allah terangi, lembutkan, dan kuatkan hati kita dengan cahayaNya.🤲

Mohon doakan kami agar bisa istiqomah berbagi mutiara-mutiaraNya.🙏

Jazakumullahu khairan😊

Salam,

The Miracle Team 

Voice of Bayyinah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s