Khabib Nurmagomedov: Menghormati Ayah, Menghormati Ibu


Hari ini Khabib Nurmagomedov kembali meraih kemenangan yang ke-29 di UFC, tidak terkalahkan selama bertarung di UFC. Di pertarungan ini Khabib Nurmagomedov juga mengumumkan pengunduran dirinya dari olahraga bela diri campuran, pensiun sebagai juara.

Yang menarik alasan Khabib Nurmagomedov mengundurkan diri untuk memenuhi janji kepada ibunya, bahwa dia tidak akan bertarung lagi tanpa kehadiran sang ayah yang biasanya menemaninya bertarung di ring. Khabib Nurmagomedov memang sangat dekat dengan ayahnya yang melatihnya sejak kecil hingga menjadi seorang juara. Tak hanya mengajarkan bertarung, ayah Khabib Nurmagomedov juga mendidik agama. Kita bisa lihat bagaimana “sedikit” didikan agama dari ayah Khabib Nurmagomedov pada tulisan ini: Warisan Ayah Khabib Nurmagomedov – https://nakindonesia.com/2020/07/04/warisan-ayah-khabib-nurmagomedov/.

Ayah Khabib Nurmagomedov meninggal karena penyakit jantung dan Covid-19. Pertarungan hari ini merupakan pertarungan pertama Khabib Nurmagomedov setelah sang ayah meninggal. Khabib Nurmagomedov mengajarkan kita hadis, hormati ibumu, ibumu, ibumu, ayahmu.

Abu Hurairah. Dia berkata, “Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah ﷺ dan bertanya, “Ya Rasulullah, siapakah orang yang lebih berhak saya hormati?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang tersebut bertanya lagi, “Lalu siapa?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang itu bertanya lagi, “Setelah itu siapa?” Rasulullah menjawab, “Ibumu.” Orang tersebut bertanya lagi, “Kemudian siapa?” Akhirnya Rasulullah pun menjawab, “Kemudian ayahmu,” (HR. Muslim).

Pada wawancara setelah pertarungan, Khabib Nurmagomedov mengumumkan pengunduran dirinya dan memberikan nasihat kepada lawannya untuk menghormati orang tua, nasihat yang terasa juga ditujukan untuuk kita semua.

Be close with your parents because one day it’s gonna happen something, because you never know what’s gonna happen tomorrow, you never know. – Khabib Nurmagomedov

Dekatlah dengan orang tuamu karena suatu hari nanti akan terjadi sesuatu, karena kamu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi besok, kamu tidak pernah tahu. – Khabib Nurmagomedov

Sumber gambar/video:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s