Sejarah Berdirinya Arabic of The Quran (AoQ)


Arabic of The Quran (AoQ) merupakan grup WhatsApp yang berdiri pada 5 September 2020. Grup AoQ dibuat atas inisiatif pak Heru Wibowo untuk menyambut program Dream Live yang diselenggarakan Bayyinah milik ustaz Nouman Ali Khan. Program Dream Live adalah kelas bahasa Arab online akan berlangsung mulai 2 Oktober 2020 untuk anggota Bayyinah TV.

AoQ ditujukan untuk membantu orang Indonesia yang tidak dapat mengikuti kelas Dream Live Bayyinah karena berbagai kendala, seperti bukan anggota Bayyinah TV, tidak bisa berbahasa Inggris maupun tidak memiliki waktu untuk mengikuti kelas Dream Live online pada dini hari waktu Indonesia.

Materi-materi AoQ berbasis kurikulum Bayyinah dan sudah disesuaikan dengan bahasa Indonesia. Namun tidak sekedar menerjemahkan materi pelajaran bahasa Arab dari Bayyinah TV, namun diberikan berbagai nilai tambah seperti:

Materi-materi dalam konteks bahasa Inggris atau dunia Barat disesuaikan dengan konteks bahasa Indonesia atau ketimuran.

Dalam menerjemahkan materi kurikulum tidak sekadar menerjemahkan, tapi juga mencoba memahamkan. Ada seni untuk mengonversi bahasa lisan ustaz dan bahasa tubuh beliau menjadi bahasa tulisan yang seharusnya serenyah presentasi beliau. Salah satu indikator kesuksesan dalam konteks nilai tambah kedua ini adalah: peserta diharapkan semakin paham bahasa Arab.

AoQ sebagai wadah komunitas sesama pembelajar bahasa Arab, bila selama ini belajar bahasa Arab seorang diri di Bayyinah TV atau belajar bahasa Arab dengan teman-teman berbahasa Inggris. AoQ menawarkan sebagai wadah untuk belajar bahasa Arab bersama-sama orang Indonesia baik yang berlangganan Bayyinah TV maupun tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s