Mengenal Lebih Dekat Ketua dan Wakil Ketua Baru Komunitas Nouman Ali Khan Indonesia Periode 2020-2023


بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

Alhamdulillah dalam momen tahun baru 1442 Hijriah ini, Allah telah merizkikan kepada kita semua sebuah momen pergantian Ketua dan Wakil Ketua baru NAK-ID. Yuk, kita semua kenalan lebih dekat dengan sosok-sosok beliau dan gambaran umum kegiatan komunitas ke depan.

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kalian mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. Dan berpeganglah kalian kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kalian bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepada kalian ketika kalian dahulu (masa Jahiliah) bermusuh-musuhan, maka Allah menjinakkan amarah hati kalian, lalu menjadilah kalian karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara, dan kalian telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kalian darinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kalian, agar kalian mendapat petunjuk. (QS Ali Imran:102-103)


Siapakah Heru Wibowo?

  • Keturunan Sunda-Makassar, lahir di Semarang
  • Domisili: Cibubur
  • Melankolis yang sempurna dan agak koleris
  • Ayah dari 2 anak (1 putri dan 1 putra)
  • Bekerja di perusahaan multinasional yang sudah berubah menjadi BUMN
  • Ketua RT 3 periode dan pengurus masjid di kompleks
  • Salah satu founder YBQI
  • Ketua Komunitas Nouman Ali Khan Indonesia Periode 2020-2023

Histori belajar/approach to Quran

  • Belajar ngaji (musabaqah quran) waktu SD di Kauman, Semarang. Menjadi murid putra pertama yang belajar di sana karena yang lainnya putri semua dulu, hehe.
  • SMA ikut lomba, juara 1 “Qori Terbaik Utama”. Waktu itu masih babak belur tajwidnya. Akhirnya setelah itu jadi titik balik untuk belajar tahsin.
  • Merasa jiwa masih kosong akhirnya belajar kajian tentang Al-Qur’an.
  • 7 tahun lalu mulai menyimak kajian Ust. Nouman hingga sekarang masih rutin, dikenalkan pertama kali oleh atasan beliau.

Siapakah Desy Triviany Husen?

  • Istri dan Ibu dari 1 anak
  • Asli Purwakarta, Jawa Barat
  • Lahir di Bukittinggi, Padang
  • Domisili: Jakarta (Fyi, rumah mbak Desy sering dijadikan tempat rapat = basecamp panitia NAK Visit)
  • Kerja di bidang technical engineering, sekarang sebagai consultant
  • Wakil Ketua Komunitas Nouman Ali Khan Indonesia Periode 2020-2023

Histori belajar/approach to Quran

  • Awalnya gak dekat dengan lingkungan Islam, saat kerja Alhamdulillah Allah pertemukan dengan guru-guru spiritual, salah satunya Nouman Ali Khan.
  • Bergabung NAK-ID di tahun 2017, saat itu komunitas ini masih kecil, diawali menjadi translator.
  • PJ Gala Dinner, acara fundraising saat pertama kali ustadz NAK ke Indonesia, meski akhirnya batal karena waktu kunjungan yang terbatas hanya 2 hari.
  • Selama di komunitas ini Alhamdulillah bertemu banyak generasi milenial, remaja-remaja masjid, ketemu banyak orang dengan berbagai background, menarik bisa belajar manajemen konflik, mengesampingkan ego masing-masing, bekerja maksimal, punya 1 tujuan memberikan yang terbaik untuk umat.
  • Termasuk yang ngejar-ngejar Ustad ke Malaysia tahun 2019 agar mau mengadakan Dream Worldwide di Indonesia. Saat hendak menyelenggarakan IDW, kita ditantang untuk mendapatkan peserta 750 orang (Alhamdulillah tercapai bahkan melebih target).

Gambaran Umum Program Kerja NAK-ID 2020-2023

Rooms for Improvement NAK-ID

  1. Kolaborasi Dakwah 

Setelah COVID-19 insya Allah aktivitas offline semakin banyak, kita perlu berkolaborasi.

Bagaimana caranya agar maju bareng sehingga semakin banyak yang bisa menangis merasakan miracle of Al-Qur’an lewat dakwah Ust. Nouman, agar Indonesia semakin baik.

  1. Awareness, Enrichment dan Education

Kalau hanya fokus di education bakal boring

Komunitas akan bisa sustain jika aspek awareness dan enrichment juga diperhatikan.

Alhamdulillah LBP sampai hari ini (week ke-9) bisa konsisten tanpa putus, sehari 3x.

Semoga program-program lain juga bisa berjalan dan bertahan lancar.

  1. Sinergi dengan Yayasan Bayyinah Qur’an Indonesia (YBQI)

Menyamakan persepsi dalam merespon customer dan mensinergikan program-program antara NAK-ID dengan Bayyinah Indonesia. Karena sesungguhnya SDM di komunitas kita luar biasa dan keren-keren semua.

Jadi yang kita upayakan sekarang adalah membuat standarisasi, mendetailkan job desc agar lebih jelas tanggung jawab masing-masing pengemban amanah.

  1. Merapikan Database Komunitas

Ada ide membuat identity number biar ketahuan kapan masuknya, agar terlihat history-nya dan menghormati yang senior.

Mapping anggota komunitas (mahasiswa, dosen, karyawan, IRT, entrepreneur, dsb) agar sesuai segmen dakwahnya.

  1. Financial

Perlu transparansi dan laporan rutin per-bulan misal dari kitabisa atau penjualan merchandise.

  1. Matrikulasi

Termasuk prioritas no 1. Karena hasil teman-teman yang ikut program ini luar biasa profesional. Perlu evaluasi lanjutan untuk quality improvement.

  1. Lessons from Bayyinah’s Production (LBP)

Akan dilanjutkan dengan perubahan nama menjadi VoB (Voice of Bayyinah).

Karena nama yang sebelumnya identik dengan pejabat yang “itu”, harapannya pejabat itu mau bergabung, eh tapi sudah berganti tahun tapi belum gabung juga nih, hehe. Baiklah siap! Ganti nama saja.

  1. Survei secara periodik

Untuk melihat tingkat kepuasan member. Agar kita mendapat feedback. Ingin terus memperbaiki diri dari masukan teman-teman.


Anggota komunitas ini pasti punya banyak hobi.

Jadi nanti bisa jadi lahir sub-sub komunitas, misalnya NAK-ID gowes, dsb.

Ini bisa menarik newcomers.

Ust. Nouman Ali Khan pernah menasehati kita harus fokus ya.

Jangan terlalu banyak yang dikejar.

Jadi Pak Heru dan Mbak Desy memutuskan 3 prioritas utama “must have”:

  1. Matrikulasi new formula
  2. Voice of Bayyinah (VoB)
  3. English improvement ++

Dan tentunya program-program lain yang sudah berjalan seperti quotes, subtitling, dan MFA (My Favourite Ayat) saat Ramadan tetap diteruskan.


Antara NAK-ID dengan Bayyinah Indonesia 

Yayasan posisinya berada di bawah komunitas NAK-ID.

Yayasan as a partner komunitas.

Yayasan sudah punya landasan hukum jadi sangat dibutuhkan ketika mengurus perizinan saat Ust. Nouman datang ke sini.

Yang sekarang lagi dikejar sebagai program utama adalah Mubin TV, kelas Bahasa Arab Al-Qur’an dari materi Arabic with Husna dan Dream (Alhamdulillah terjemahan materi ini sudah dibuat oleh tim Bayyinah Indonesia cabang Jogja, mereka sudah menyelenggarakan lebih dahulu kelas di sana, masya Allah), dan program lanjutan Indonesian Dream Worldwide.

Kami juga sedang mengusahakan Ust. Nouman bisa hadir secara online/nanti juga bisa offline untuk komunitas NAK-ID. Mohon doanya.

Apakah ada tantangan yang dihadapi Bayyinah Indonesia dalam menyampaikan konten dakwah Ust. Nouman? Karena seperti yang kita ketahui beliau kan orang Amerika.

Alhamdulillah Ustad sangat ahli dalam menyederhanakan sesuatu yang rumit (latar belakang beliau yang seorang engineering) jadi ini adalah keuntungan bagi kita bahwa kontennya bisa dengan mudah dicerna. Jika kita bisa me-localize konten-konten beliau, insya Allah yang menerima manfaat akan lebih banyak.


QnA

Q1. Bagaimana cara bergabung dengan komunitas?

A1. Siapa saja bisa bergabung di komunitas. Bisa pilih: gabung di WAG atau telegram, follower medsos (IG, FB, twitter, tumblr, line). Insya Allah nanti ada pengisian data base ketika masuk, tetap ada “interview” juga.

Kemudian nanti jika ada yang ingin kontribusi lebih (naik level), bisa bergabung ke grup “NAKtivist” = yang isinya para aktivis online dan offline.

Q2. Jika sudah lulus matrikulasi, bagaimana cara berpartisipasi?

A2. Bagi yang sudah lulus matrikulasi bisa berpartisipasi dalam diskusi pekanan di WAG, daftarnya ke Mas Agung. Bisa juga mendaftar di program-program lainnya (quotes, khataman Concise Commentary, dll). 

Dan sebenarnya sekarang yang kita ingin fokus dan kejar adalah untuk membantu “serbu bareng-bareng” Mubin TV, bagian subtitling. Karena Mubin TV juga sedang ditunggu-tunggu oleh tim Bayyinah US. Insya Allah ini akan disinergikan dengan program “English improvement plus-plus”.

Q3. Apakah ada pemetaan minat dan skill di komunitas ini?

A3. Iya insya Allah ada, agar masing-masing sesuai minat dan skill-nya dalam berkontribusi. Sebenarnya sejak awal juga sudah ada, tapi belum dikelola lebih lanjut. Semoga di kepengurusan kali ini minat dan skill teman-teman bisa lebih dioptimalkan.

Selain itu kita juga memberi kesempatan bagi yang ingin mempelajari hal baru (lumayan buat nambah pengalaman di CV), misalnya 6 bulan di divisi X lalu 6 bulan selanjutnya pindah berkontribusi ke divisi Y. Boleh-boleh saja, mau berbarengan juga boleh asalkan bisa membagi waktu dengan baik. Atau mau 1 divisi seumur hidup juga boleh, insya Allah investasi dunia dan akhirat.

Q4. Bagaimana agar setiap member bisa ikut berpartisipasi dalam aktivitas dakwahnya? Misal jadi panitia bukan sekadar jadi pesertanya.

A4. Ketika kesempatan ada maka insya Allah akan diadakan open recruitment, misal saat kepanitiaan NAK Visit membutuhkan tambahan man power.

Pengalaman seperti LBP/VoB yang oprec akhirnya terbentuklah The Miracle Team. Padahal kalau secara sistematis (metode ilmiah) kita seharusnya bertanya dulu ke Bayyinah US, siapa saja orang Indonesia yang sudah menjadi member BTV kemudian kita approach. Tapi kita gak dapet akses itu. Alhamdulillah LBP/VoB tetap berjalan hingga sekarang, Alhamdulillah berani mulai dulu lalu kemudahan dan bantuan berdatangan. Semoga program ini berkah.


Semoga Allah mudahkan perjalanan komunitas kita ke depannya. 

Semoga Allah bukakan pintu keberkahan, pintu kebaikan, pintu kasih sayang, pintu rizki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan untuk kita semua. 

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita.

Semoga Allah melindungi kita dari azab neraka.

Semoga Allah terima segala amalan kita.

Aamiin yaa Rabb.


Kanal online NAK Indonesia:

Jazakumullahu khairan🙏

One thought on “Mengenal Lebih Dekat Ketua dan Wakil Ketua Baru Komunitas Nouman Ali Khan Indonesia Periode 2020-2023

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s