Sejarah Lessons from Bayyinah’s Production (LBP)


Grup WhatsApp Lessons from Bayyinah’s Production (LBP) dibuat pada 17 Juni 2020 oleh pak Heru Wibowo, dan dibuka untuk publik mulai 21 Juni 2020 di grup WhatsApp NAK Indonesia. Tidak disangka yang ingin bergabung sangat banyak, sehingga harus dibuatkan grup WhatsApp LBP 2 dan 3.

Sejarah Lessons from Bayyinah’s Production (LBP)

Berikut kutipan dari penjelasan Pak Heru Wibowo:

Wa ‘alaykum salaam wa rahmatullaahi wa barakaatuh. Sebenarnya sudah lama. Sejak the last arrival of NAK di SN Whisper. Beliau kan ikut mikirin gimana caranya pearls di BTV itu dibagi-bagi ke umat. Eksekutornya adalah YBQI. Arahan awal dari NAK, prioritas materinya adalah Divine Speech dan Concise Commentary. Dalam bentuk video + subtitle di Mubin TV. Tapi ini kan masuk jalur lambat ya. Tidak mudah memang karena harus diurus secara profesional. In the meantime, umat kan tidak harus dapat kemasan kaleng. Kan bisa dibikin kemakan sachet. Jadi itu yang akhirnya membuat saya berinisiatif bikin LBP. Mumpung menkosaurus lagi berkuasa. Siapa tahu bisa dapat hidayah, lalu hijrah dan ikut bergabung di LBP hehehe. Then saya minta approval dari Mas Taufik dan Kang Irfan + Kang Demsy, lalu meluncurlah itu LBP. Pak Heru Wibowo

Update Perkembangan LBP:

Thanks for your feedback, mas Fikri. Banyak yang tak terduga. Alhamdulillah, saya tidak sendirian. Tahu-tahu ada yang ingin bantu bikin tulisan. Termasuk yang hari ini. Itu bukan tulisan saya. The Miracles Team, masya Allah, perkembangannya pesat. Saat ini sudah terbentu 11 divisi, dan sudah ada orang-orangnya yang secara sukarela menempati posisi itu. Salah satunya adalah yang nulis untuk materi LBP, yang saat ini jumlahnya ada 5 orang. Jadi posisi saya sekarang hanyalah seperlima penulis LBP. Atau di TMT kami menyebutnya LBP Chefs. Salah satunya ada Musyafa dari Tangerang, salah satu murid QAC dari Mas Fikri. Di luar yang 5 ini, ada juga yang japri saya dan mau coba nulis untuk materi besok. Ini padahal beliau belum masuk LBP Chefs tapi sudah mau contribute. Fa innama’al ‘usri yuran. Innama’al ‘usri yusran. 🙏 – Pak Heru Wibowo pada 24 Juni 2020

Assalaamu ‘alaykum. Bismillaah. Saya takut persoalan yang satu ini memberatkan saya di yawmil akhir nanti. Jadi saya merasa perlu memberikan klarifikasi. Terutama untuk rekan-rekan yang kurang nyaman dengan inisiatif LBP. Saya masih member of NAK Indonesia. Dan saya juga melalui skenario Allah, menjadi salah satu founder dari YBQI. Makanya di LBP, in syaa Allaah akan ada sesi khusus yang sementara ini akan kita namakan “An hour with …” Satu jam bersama YBQI. Satu jam bersama Kang Shafiq. Satu jam bersama Kang Irfan/Kang Demsy. Salah satu tujuannya adalah untuk memastikan “komunitas” LBP ini respect dengan komunitas pendahulunya, boleh saya bilang Komunitas NAK Indonesia adalah ibunda dari “komunitas” LBP, dan juga respect dengan yayasan yang menaungi segala event di tanah air yang “Bayyinah-inside”. Nanti di materi LBP Leadership akan ada fenomena lucu yang di-share Ustadz Nouman bahwa ada 500-an masjid di New York, which is berkah buat umat, tapi proses kelahirannya adalah sad story karena awalnya ada pengurus masjid yang konflik dan tak terselesaikan terus bikin masjid sehingga akhirnya berkembang jadi 500-an itu. LBP tidak akan pernah menjadi masjid baru. LBP hanya akan selesai sebatas kajian dan bagi-bagi mutiara dan aktivitasnya berada di masjid yang sama. Salam ukhuwah. – Pak Heru Wibowo pada 25 Juni 2020

Insya Allah Materi Yang Akan Dibagi Di LBP Setiap Harinya

Distribution of Material

  • Sunday: Leadership
  • Monday: Last Ayahs of Fatiha (to be continued with Juz Amma)
  • Tuesday: Pearls from Al-Baqarah
  • Wednesday: Pearls from Ali Imran
  • Thursday: Divine Speech
  • Friday: Pearls from Al-Kahfi
  • Saturday: Parenting

Broadcast Pertama Lessons from Bayyinah’s Production (LBP)

Bayyinah TV adalah laksana gudang raksasa.  Yang penuh tumpukan mutiara.  Saat berada di dalamnya, aku terpana. Ingin tetap stay di sana, berlama-lama.

Aku happy mendapatkan mutiara. Membuat lilin hatiku yang redup jadi terang menyala. Tapi mutiara ini ternyata bukan sebarang mutiara. Karena menggerakkanku untuk membagikannya.

***

Yang pernah menyelam di samudera bayyinahtv.com akan menyadari betapa indahnya pemandangan di kedalaman samudera itu. Mutiara bertaburan di mana-mana. Gudang raksasa atau samudera hanya kiasan. Ia melukiskan dimensi yang tak bertepi. Di sini mutiara. Di sana mutiara. Di mana-mana ada mutiara.

Grup ini dibuat untuk berbagi mutiara itu. Banyak pelajaran dan hikmah yang bisa dipetik darinya.

Karena mutiara itu berasal dari hasil jerih payah tim produksi Bayyinah, maka grup ini dinamai Lessons from Bayyinah’s Production. Disingkat LBP.

Terima kasih disampaikan kepada Mas Taufik selaku Ketua Yayasan Bayyinah Quran Indonesia, Kang Irfan dan Kang Demsy selaku Ketua dan PLT Ketua NAK Indonesia yang telah memberikan green light dan mendukung gagasan ini. Sekaligus mengetukkan stempel persetujuannya.

***

In sya Allah LBP menghadirkan mutiara setiap hari. One day one pearl. Minimal. Berarti, bisa lebih dari satu. Bentuknya apa? Tulisan atau post. Bisa satu paragraf atau lebih. Tapi setiap hari, tanpa henti. Tanpa mengenal hari libur. Karena Allah tidak pernah libur menyayangi kita, satu hari pun.

Siapa yang akan mem-posting tulisan? Bisa siapa saja. Yang penting, dia punya akses ke bayyinahtv.com dan berkenan memindahkan mutiara dari sana ke grup ini. Begitu dia ikut aksi bagi-bagi mutiara, maka dia menjadi admin grup.

Bagaimana jika tidak punya akses bayyinahtv.com? Bagaimana jika tidak ikut berbagi? Bagaimana jika punya pendapat yang berbeda? Bagaimana jika justru bertanya? Bagaimana jika justru minta pesanan supaya dibagikan mutiara dari ayat dan surat tertentu? Bagaimana jika cuma mem-posting komen atau stiker saja?

Jika masih ada sejuta “bagaimana” yang lainnya, maka jawabannya sama saja: boleh. Bebas. Selama masih dalam koridor gudang raksasa atau samudera. Selama komen atau pertanyaan atau apapun itu masih di seputar mutiara. Semua members bebas melempar komen dan bertanya. Semua members bebas mencurahkan perasaannya. Asalkan masih tentang mutiara.

***

Bagaimana grup ini mengelola daily post? Apakah tidak sebaiknya ada hari tertentu dengan tema tertentu?

Yang terpikir saat ini: hari Jumat adalah special day untuk Al-Kahfi. Yang membaca surah ke-18 ini, di hari Jumat, akan disinari cahaya diantara dua Jumat. Semoga cahaya itu benar-benar benderang dengan memetik pelajaran dari mutiara Al-Kahfi.

Untuk keenam hari yang lainnya, belum ada rencana yang spesifik. Bisa saja mutiaranya diambil dari Divine Speech, dari Parenting, dari Leadership, dari How To Pray, dari Hijab, dari Dream atau Arabic, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lalu kenapa harus setiap hari? Karena kita minum air setiap hari. Bahkan saat berpuasa, kita tetap minum air di saat sahur atau berbuka. Selama kita masih minum air tiap hari, maka tadabbur pun seharusnya tiap hari juga.

Apakah boleh membagikan link untuk masuk ke grup ini ke siapa saja? Boleh. Grup ini tidak dibatasi hanya untuk member NAK Indonesia. Bahkan, dengan penuh pertimbangan dan dengan memohon petunjuk Allah, boleh juga dibagi kepada mereka yang belum mengucapkan dua kalimat syahadat, yang tertarik untuk berburu mutiara. Because everyone has the right to get pearls.

***

Follow this link to join my WhatsApp group: https://chat.whatsapp.com/BSbWwOGgRJPGE1ykL63P0Q


Berhubung grup WhatsApp LBP 1 dan 2 sudah penuh dan juga tidak diketahui kapan akan dibuatkan grup WhatsApp LBP 4, LBP 5 dan seterusnya. Bagi yang sekarang ingin bergabung dengan LBP bisa ikut grup Telegramnya di https://t.me/noumanalikhanindonesia – grupnya akan posting materi LBP.

Insya Allah, materi LBP juga akan diposting di blog NAK Indonesia secara berkala.

One thought on “Sejarah Lessons from Bayyinah’s Production (LBP)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s