[MFA2020] Sabar Kunci Kekuatan – Marhaya J


بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

 

MFA2020 - Sabar Kunci Kekuatan -1

 

وَ لِرَبِّكَ فَاصْبِرْ ۗ

Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu, bersabarlah

(QS. 74 Al-Mudatsir ayat : 7)

Saya mengambil ayat itu sebagai ayat favorit, karena ada suatu pengalaman yang membuat saya down kala itu, saat dites mengaji satu per satu. Kemudian tiba giliran saya, qodarullah, saya banyak kesalahan dan ditegur habis-habisan. Namun, setelah itu, saya buka mushaf dan tetiba saja langsung dapat ayat tersebut. Membaca terjemahannya membuat saya tenang dan kembali percaya diri. Sejak saat itu, saya jadi semakin yakin akan sebuah ketetapan dalam kesabaran.

Kisah-kisah teladan atas kesabaran yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw, para Nabi, maupun para sahabat telah diajarkan kepada kita semua. Sebagaimana di masa Rasulullah menyebarkan agama Islam yang selalu bersabar menghadapi ujian dan cobaan serta penolakan yang sangat besar dari kaumnya. Bapak para Nabi, Nabi Ibrahim As. yang bersabar menerima perintah Allah Swt. untuk mengorbankan anaknya Nabi Ismail As. Teladan kesabaran yang sangat hebat, dari perempuan paling mulia, Ibunda Maryam yang bersabar menjalani takdir perihal ditiupkannya ruh ke dalam rahim suci beliau, meskipun Ibunda Maryam masih gadis. Kemudian, kesabaran para sahabat dalam menerima siksaan dalam menegakkan kebenaran. Bagaimana kesabaran Sayyidati Fatimah Ra. menghadapi kemelut kehidupan bersama sang suami Sayyidina Ali Ra dan bagaimana sabarnya ulama-ulama kita menghadapi berbagai rentetan persekusi dalam syiarnya serta masih banyak lagi hamba-hamba Allah yang selalu bersabar dalam menjalani hidupnya.

Lalu saya? Baru saja disentil dengan komentar karena salah baca yang notabene untuk menjadi pelajaran bagi diri saya sendiri, lantas langsung jadi kecewa. Sungguh saya malu mengungkap itu, saya malu karena pernah merasa tidak terima akan kejaian diluar kendali. Sungguh benarlah firman Allah. Hanya dengan bersabar karenanya, semua perkara jadi terasa mudah. Semua perkara jadi terasa ringan dan semua ujian jadi terasa nikmat.

Saya sudah mengimplementasikannya dalam hidup saya. Bagaimana Allah benar-benar uji saya dengan memanggil Mama pulang menghadap pada-Nya. Siapa anak yang tidak terpukul atas kehilangang yang tiba-tiba saja merenggut orang tuanya? Sungguh tidak ada.. Semua anak pasti akan merasa kehilangan. Begitu pun saya. Namun, karena saya sudah pegang kunci sabar dan ikhlas hanya pada-Nya, maka saya siap melepas Mama dengan hati yang lapang walau rapuh tetap ada. Saya bersyukur setidaknya dengan iman ini saya menjadi sosok kuat menghadapi yang namanya ujian. Karena itu ayat di atas benar-benar membuat saya jadi semakin kuat menjejaki bumi walau sebesar apapun rintangan di depan. Sungguh, janji-Nya adalah kepastian. Bahwa, yang bersabar pasti menang dan bahagia.

 

MFA2020 - Sabar Kunci Kekuatan -2

 

Dalam ulasan Ustaz nouman Ali Khan, ayat “walirabbika fasbir” bukan hanya sekadar kita bersabar dengan Allah, melainkan bagaimana cara kita bersabar tanpa pernah sekalipun mengingkari apa yang telah Allah berikan kepada kita. Tugas mutlak kita adalah bersabar, karena Allah Swt. sudah katakan itu di dalam ayat di atas. Bersabar adalah tugas kita, maka kerjakanlah tugas itu dengan sebaik-baiknya sebagai seorang hamba. Juga kesabaran di sini bukan hanya perihal kita yang selalu diberi ujian lantas menjadi sangat kuat dengannya, melainkan inilah yang menjadi tugas manusia seutuhnya. Ada atau tidak adanya sesuatu yang menghantam hidupmu, maka tugasmu dari-Nya adalah tetap bersabar. Bersabar dari semua hal sekali pun itu perihal kebahagiaan. Bersabarlah dengan benar, baik, dan sempurna. Untuk sebuah perintah dari yang Maha Kuasa.

 

MFA2020 - Sabar Kunci Kekuatan -3 

Jadi, untukmu wahai saudara/saudariku tetaplah lakukan tugasmu sebagaimana mestinya. ‘Walirabbika fasbir‘ adalah ayat yang menjadi bentuk taqwa kita pada-Nya dengan cara selalu bersabar atas perintah-Nya.

Jadi, bersabarlah karena Tuhanmu 🙂

 

Sumber video inspirasi :

Video referensi: https://youtu.be/UTyEI6OCA_U

Ditulis oleh: Marhaja J

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s