Friendly Invitation


Oleh: Heru Wibowo

Story Resume of Islam Itu Mudah, Kita Yang Membuatnya Sulit

Di www.paperculture.com dijual undangan yang ramah lingkungan (eco friendly), yang benar-benar mewakili the spirit of green, seharga 1.39 dolar.

Yang namanya undangan, memang seharusnya berisi kata-kata yang ramah, bahkan kertas undangannya pun sampai harus dibikin ramah lingkungan.

Undangan juga dibahas di Al-Qur’an. Di bagian akhir dari surah An-Nahl.

Ud’u ilaa sabiili rabbik (QS An-Nahl 16:125). Undanglah manusia menuju jalan Tuhanmu. Bil hikmah artinya menggunakan kebijaksanaan. Atau, undanglah manusia menuju jalan Tuhanmu dengan bijaksana.

MUKJIZAT DUA PERSEN (3)

Mengundang seseorang adalah sebuah tindakan penuh persahabatan (an act of friendship). Mengundang seseorang adalah sebuah tindakan penuh kebaikan (an act of kindness). Mengundang seseorang adalah suatu tindakan penuh cinta (an act of love).

Misalnya nih, misalnya, ada seseorang di dunia ini yang kita benci. Maaf, ini misalnya loh ya, karena mungkin Anda tidak pernah membenci siapapun. Sekali lagi, ini hanya misalnya. Allah sedang kasih kita limpahan rezeki yang begitu banyak dan kita ingin mengadakan semacam acara syukuran di rumah. Kita sedang membuat daftar, siapa-siapa saja yang akan kita undang. Nah, seseorang yang kita benci itu, mungkinkah dia masuk ke daftar yang kita undang?

Misalnya lagi nih, misalnya, ada seseorang, atau situasi, yang membuat darah kita bergejolak. Yang membuat satu-satunya yang ingin kita lakukan hanyalah marah-marah. Menumpahkan semua emosi yang memang sudah saatnya meledak. Nah, dalam kondisi kejiwaan kita yang seperti itu, mungkinkah kita mengundang seseorang? Mungkinkah kita mengundang seseorang ke rumah kita untuk makan malam bersama dengan nada yang penuh amarah? “Hehh! Ntar malam! Datang ke rumahku!”

Dijamin. Ga ada yang datang ke rumah. Kalo marah-marah mengundangnya.

Apa poinnya?

Gagasan tentang dakwah. Gagasan tentang penyebaran nilai-nilai Islam. Dakwah itu sendiri adalah suatu tindakan cinta (an act of love), tindakan penuh sopan santun (an act of courtesy), tindakan penuh rasa hormat (an act of respect).

Tidak bisa dakwah itu mengandung kebencian (hate). Tidak bisa dakwah itu mengandung kata-kata yang menghakimi (judgment). Tidak bisa dakwah itu mengandung sikap yang merendahkan (condescending). Tidak bisa dakwah itu mengandung sikap yang merasa dirinya lebih tinggi dari yang lain.

Pelanggaran terhadap poin-poin di atas, berarti itu sudah bukan lagi dakwah. Itu sudah bukan lagi sebuah undangan (invitation).

Poin tambahannya: luar biasa sekali kata yang Allah pasang di ayat ini. Ud’u. Invite. Undang. Dakwah itu seperti menyebar undangan. Dan mengundang itu lazimnya dilakukan dengan penuh rasa hormat. Bukan hanya ramah. Tapi penuh rasa hormat.

Ditulis oleh Heru Wibowo

#nakindonesia

#matrikulasinakid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s