Lebah – Seri Keajaiban Quran


Lebah.

“Dan Tuhanmu mengajari lebar untuk membangun sarangnya di bebukitan, di atas pepohonan, dan di kediaman manusia; Kemudian untuk memakan semua hasil bumi, dan dengan keterampilannya menemukan jalan Tuhannya yang luas.”

Alquran surat 16 ayat 68-69.

Von-Frisch menerima hadiah Nobel tahun 1973 untuk penelitiannya mengenai perilaku dan cara komunikasi lebah. Lebah, setelah menemukan kebun atau bunga yang baru, kembali ke sarang dan memberitahukan lebah lainnya arah yang tepat serta peta untuk menuju ke sana, yang dikenal dengan “tarian lebah”.

Makna gerakan serangga ini yang ditujukan untuk mengirimkan informasi di antara lebah pekerja, telah ditemukan secara ilmiah menggunakan fotografi dan metode lainnya.

Alquran menyebutkan dalam ayat di atas bagaimana lebah dengan keterampilannya menemukan jalan Tuhannya yang luas. Lebah pekerja atau lebah tentara sebenarnya adalah lebah betina.

Dalam surat An-Nahl, surat ke-16, ayat 68 hingga 69, gender yang digunakan untuk lebah adalah betina; (فَاسْلُكِي) dan (كُلِّ), menunjukkan bahwa lebah yang meninggalkan sarangnya untuk mengumpulkan makanan adalah betina. Dengan kata lain, lebah tentara atau lebah pekerja adalah betina.

Nyatanya, dalam drama Shakespeare, “Henry the Fourth”, beberapa karakter berbicara mengenai lebah dan menyebutkan bahwa lebah adalah tentara yang memiliki seekor raja.

Inilah pendapat yang berkembang di zaman Shakespeare. Mereka mengira bahwa lebah pekerja adalah jantan yang pulang ke sarang untuk melapor kepada seekor lebah raja.

Ini tidak benar. Lebah pekerja adalah betina dan mereka tidak melapor kepada seekor lebah raja, tetapi kepada seekor lebah ratu. Penelitian modern membutuhkan 300 tahun untuk menemukan hal ini.

Subtitle Transkrip oleh Darul Arqam Studio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s