Karena Karakternya – Nouman Ali Khan


Ayat yang menjadi subjek khutbah hari ini adalah

(وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍۢ) (QS Al-Qalam ayat 4)

Allah memerintahkan RasulNya (ﷺ), dia sendiri harus percaya bahwa apa yang disampaikannya adalah kebenaran mutlak. Dan setiap orang di sekelilingnya harus menerima bahwa apa yang disampaikannya adalah kebenaran.

Ini datang dari Allah, karena karakternya, karena caranya membawa diri, caranya membawa diri seumur hidupnya. Ini terjadi saat awal wahyu diturunkan. Jadi usia Nabi (ﷺ) sekitar lebih sedikit dari 40 tahun. Setidaknya sekitar 40 tahun, jadi ini saat wahyu baru diturunkan, betul?

Dan penduduk Makkah sudah mengenal lelaki ini (ﷺ), bukan sebagai Rasulullah, bukan sebagai seseorang yang menyatakan diri sebagai Rasul Allah, namun hanya seseorang yang tinggal di Makkah dan namanya Muhammad bin ‘Abdillah. Namanya Muhammad, anak dari Abdullah.

Dia tidak pernah mengaku sebagai Nabi sebelumnya. Allah tidak menuntutnya dengan tanggung jawab ini sebelumnya. Jadi mereka mengenalnya, selama lebih dari 40 tahun. Jadi dia sudah tinggal bersama mereka dalam waktu yang sangat lama.

Lalu akhirnya Allah membuat pernyataan, bahwa seruan kepada Islam, seruan untuk mengikuti firman Allah, adalah valid karena cara beliau membawa dirinya selama 40 tahun. Cara beliau memperlakukan orang lain.

Sekarang, kita tahu bahwa Rasul (ﷺ), tidak ada penyembah Allah yang terbesar, daripada Rasul (ﷺ) sendiri. Begitulah hubungan beliau dengan Allah. Namun ayat ini bukan tentang hubungan Rasul (ﷺ) dengan Allah.

Ayat ini tentang hubungan beliau dengan sesama manusia. Dengan sesama manusia. Bukan dengan Allah, tetapi dengan manusia. Yang lebih menarik lagi, hubungan beliau dengan sesama manusia sebelum beliau menjadi seorang Rasul. Bukan setelah. Tapi sebelum beliau menjadi Rasul.

Saat itu belum ada Alquran, belum turun wahyu, dan cara Rasulullah membawa dirinya, anak yang bagaimana, ayah yang seperti apa, suami yang bagaimana, pedagang yang seperti apa, teman yang bagaimana, tetangga yang seperti apa, keponakan yang bagaimana, cucu yang seperti apa, dan seterusnya.

Manusia yang seperti apa beliau, dan hubungan yang bagaimana yang beliau bangun, cara beliau menghadapi manusia, cara beliau bicara, cara beliau membawa diri, dengan sendirinya adalah bukti bahwa lelaki ini tidak lain adalah benar. Lelaki ini memiliki kredibilitas selalu benar.

Alquran telah menyatakan sesuatu yang luar biasa, pada intinya Allah menyatakan ayat ini adalah salah satu bukti Alquran adalah firman Allah, bahwa Alquran adalah kebenaran, Islam adalah kebenaran, melalui cara Nabi (ﷺ) berperilaku selama 40 tahun. Itulah buktinya.

Subtitle Transkrip oleh Darul Arqam Studio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s