[MFA2019] Berkah dari Allah – Anggun Pertiwi


IMG-20190525-WA0000

Sebaik-baiknya setiap langkah dan amal perbuatan manusia adalah yang memiliki nilai keberkahan di mata Allah. Keberkahan menjadi salah satu hal yang dipanjatkan dari setiap doa dan harapan. Lalu sebenarnya bagaimana konsep keberkahan itu? Berangkat dari hal tersebut maka saya memilih ayat ini, ayat terakhir dari Surat Ar-Rahman.

 

Allah subhanahu wataála berfirman:

تَبَارَكَ اسْمُ رَبِّكَ ذِي الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ

“Tabaaraka ismu rabbika dzil aljalaali waal-ikraam” (QS. 55 : 78)

Yang artinya adalah : “Maha Agung nama Tuhanmu Yang Mempunyai Kebesaran dan Karunia”.

Allah mengatakan di ayat terakhir surat Ar-rahman bahwa di dalam nama Allah terdapat keberkahan.

Dalam ayat ini Allah ingin memberi tahu kita makna dari surat Ar-rahman itu sendiri. Allah ingin menekankan bahwa dalam namaNya terdapat keberkahan. Lalu apa makna dari kata “Barakah”?

Dalam Bahasa arab, “barakah” itu memiliki arti “tumbuh” yaitu sesuatu yang bertambah, berkembang di atas ekspektasi. Sebagai ilustrasi, misal kita melakukan suatu hal kecil, kalau berdasarkan hukum aksi dan reaksi Newton, jika kita melakukan satu aksi maka kita akan mendapatkan satu reaksi. Tapi jika satu aksi kecil kita dapat memberikan reaksi yang sangat besar, ini berarti reaksi tersebut memiliki barakah. Keberkahan akan meningkat dan sifatnya stabil. Allah mengatakan bahwa “barakah” adalah peningkatan yang sangat cepat tapi tidak akan lenyap, terus tumbuh dan tetap ada.

Di dalam ayat terakhir surat Ar-rahman ini Allah mengatakan bahwa nama-Nya penuh dengan “barakah”. Artinya ketika kita melakukan suatu amal kebaikan dengan mengucapkan nama Allah, dan Allah memberikan keberkahan di dalamnya, maka hasilnya akan terus tumbuh, melampaui harapan kita. Karena satu ayat ini, seharusnya setiap muslim menjadi pribadi yang optimis, karena setiap perbuatan baik yang dikerjakan dapat memperoleh keberkahan.

Barakah dari satu amal baik setelah mengucapkan “bismillahirrahmanirrahiim” hasilnya tidak akan terhitung karena semua itu dari Allah. Akal sehat, logika, hitungan matematika tidak dapat masuk kesini. Hal tersebut berdampak pada pemahaman bahwa jika kita melakukan sesuatu karena Allah subhanahu wataála, kita tidak perlu mengharapkan sesuatu dari manusia. Kita hanya perlu berharap pada Allah dan percaya pada keberkahanNya. Jangan remehkan nilai dari sesuatu yang kita lakukan, karena ketika Allah memberikan “barakah”, maka hasilnya akan melampaui harapan kita, jauh diluar ekspektasi.

Ayat ini mengingatkan saya untuk senantiasa mengucapkan bismillahirrahmanirrahim pada setiap langkah dan amal perbuatan kita agar bernilai barakah. Sejalan dengan ayat terakhir surat Ar-rahman yang menekankan bahwa dalam nama Allah terdapat keberkahan.

Misalnya, ketika saya melakukan pekerjaan sehari-hari sebagai seorang guru. Terkadang ada titik jenuh dan merasa penuh beban. Namun mengingat ayat ini selalu bisa membuat saya optimis kembali. Dengan senantiasa mengucapkan kalimat Allah “bismillahirrahmanirrahim” setiap akan mengajar atau melakukan aktivitas lain, maka Insya Allah akan diberi keberkahan yang tak terbatas di luar nalar kita. Semoga dengan ilmu yang saya ajarkan, kelak peserta didik akan menjadi sosok yang bermanfaat bagi bangsa dan agama. Karena ilmu yang pengajarannya diawali dengan kalimat Allah, akan membawa keberkahan. Hal tersebut menjadi penambah semangat dan menjadi pengingat bahwa apapun yang kita kerjakan haruslah karena Allah subhanahu wataála dan hanya berharap kepada-Nya.  

Mengucapkan kalimat Allah sekilas sangat sederhana, tapi ternyata memberikan dampak yang besar apalagi jika kita lakukan pada setiap aktivitas kita, tak terhitung keberkahannya. Ayat ini pun memberikan penguatan bahwa Allah subhanu wataála Maha Agung dan Maha Besar yang dimana dalam nama-Nya pun mengandung keberkahan dan karunia. Juga betapa Allah Maha Pengasih dan Penyayang pada hamba-Nya, bahkan hanya dengan menyebutkan namaNya saja kita dapat memperoleh keberkahan.

Allah menunjukkan kekuasaan-Nya agar manusia lebih beriman dan mendekatkan diri pada-Nya. Semoga kita senantiasa diberi hidayah untuk selalu mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, nama Allah yang penuh keberkahan dalam setiap langkah dan perbuatan kita.

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=ffzMuvqoc_U

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s