[MFA2019] Kehebatan Linguistik Al Insyirah Ayat 5 dan 6 – Alisa Gumala


IMG-20190520-WA0003

Dalam surah Al-Insyirah ayat 5 dan 6, Allah berfirman:

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al Insyirah: 5)

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Al Insyirah: 6).

Ayat ini adalah salah satu ayat favoritku karena aku sudah merasakan betul hikmah dan kehebatan ayat tersebut.

Ada dua kejadian yang sangat membekas di hatiku yaitu saat anak pertama dan keempat masih bayi dan harus dirawat di rumah sakit. Bahkan keduanya harus menerima vonis operasi.

Sebagai seorang ibu tentu pikiranku berkecamuk melihat bayi kecilku harus diinfus, disuntik, dirongent dan usg. Airmata ini menderas setiap hari melihat perjuangan bayiku. Semua ikhtiar halal coba aku lakukan bersama suami. Mulai dari  mencari second opinion dengan mendatangi beberapa dokter sampai mencari banyak literatur tentang gejala penyakit anakku.

Berbagai hal dihadapi seperti ada satu dokter yang susah sekali ditemui dan bahkan sudah membayar mahal untuk konsultasi tetapi hanya dapat berbicara sebentar saja. Tetapi lebih banyak kemudahan yang ditemui seperti ada beberapa dokter yang bisa berkonsultasi sampai puas tetapi tidak mau menerima bayaran sepeserpun, perawat anak yang care dan ramah serta yang paling penting adalah dukungan dari keluarga, baik dari orang tua dan saudara yang sudah bersusah payah memberikan bantuan tenaga dan  biaya. Tak ketinggalan juga teman-teman yang sudah begitu perhatian dan memberi pertolongan.

“Derita kita menjadi lebih ringan. Karena Allah menjanjikan kemudahan, tak hanya disebutkan sekali tetapi dua kali,” kata Ustadz Nouman Ali Khan menjelaskan makna ayat 5 dan 6 dari surat Al-Insyirah.

Dari kedua ayat tersebut dapat dipahami bahwa, “setiap (satu) kesulitan maka disana ada (dua) kemudahan.” Dan aku sudah membuktikan berkali-kali,  lebih banyak kemudahan yang didapat dibanding kesulitan yang ada.

Beberapa waktu yang lalu, anak ke empat harus masuk rumah sakit karena muntah-muntah. Dalam perjalanan ke rumah sakit, aku mencoba untuk mengulang-ulang ayat tersebut. Disamping berdoa untuk kesembuhan si kecil aku juga berdoa agar diberi kemudahan.

Alhamdulillah Allah Swt memberi kemudahan-kemudahan. Proses pemasangan infus dan pengambilan sampel darah yang cepat dan mudah. Kamar rawat inap yang sesuai keinginan serta pelayanan yang ramah. MasyaAllah, betul-betul hebat kehebatan linguistik surah Al-Insyirah ayat 5 dan 6 ini. Al Hasan Al Bashri mengatakan bahwa ketika turun surat Al Insyirah ayat 5 – 6, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,  “Kabarkanlah bahwa akan datang pada kalian kemudahan. Karena satu kesulitan tidak mungkin mengalahkan dua kemudahan.”

Begitupun dalam kehidupan sehari-hari. Senang dan susah datang silih berganti, tetapi ingatlah selalu bahwa lebih banyak nikmat berupa kemudahan yang diberikan Allah Swt daripada kesulitan. Semoga Allah Swt selalu mencurahkan rahmat taufiq dan hidayah-Nya sehingga  kita dimudahkan dalam mentadabburi ayat-ayat-Nya.

Payakumbuh, 9 Mei 2019

Alisa Gumala

#MyFavoriteAyat2019

#ConnectwithQuran

 

One thought on “[MFA2019] Kehebatan Linguistik Al Insyirah Ayat 5 dan 6 – Alisa Gumala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s