[MFA2019] Rahasia di Balik Doa – Neni Rahayu Nengati


Manusia tidak boleh lepas dari doa, apalagi kita yang mengaku sebagai hamba. Doa terlihat kecil bahkan sepele dari pandangan manusia yang tidak mempercayainya. Akan tetapi doa bisa menjadi senjata orang yang beriman. Dengan alasan itulah, ayat yang berisi janji Allah akan pengabulan doa menjadi ayat favorit saya. Satu ayat yang sarat makna, dalam Surat Al Baqarah ayat 186. Allah subhanahu wata’ala berfirman:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِى عَنِّى فَإِنِّى قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ ٱلدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا۟ لِى وَلْيُؤْمِنُوا۟ بِى لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka memperoleh kebenaran.”

.

Ujibu da’watadda’i idza da’ani. Aku kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku.

Ya..Allah akan kabulkan, percayalah pasti Allah kabulkan. Sebagai makhluk tanpa daya, mari tunjukkan ketulusan kita dalam berdoa, dengan tidak tergesa-gesa terhadap pengabulannya. Seringkali timbul pertanyaan, “Kenapa belum juga dikabulkan?” Padahal segala rangkaian hidup yang terjadi pada diri kita, adalah hal-hal yang kita butuhkan. Dalam doa kita meminta segalanya, tapi Allah lebih tahu mana yang terbaik untuk hidup kita. Untuk mendapat yang terbaik, Allah bimbing kita, kita hanya perlu memanjatkan doa.

.

Doa memiliki hubungan erat dengan petunjukNya, la ‘allahum yarsyudun, agar memperoleh kebenaran. Saat kita berdoa, kita sejatinya sedang memohon bimbinganNya.

Kita seringkali tidak kita menyadari, tidak mengetahui, “Mengapa jalan hidup malah jadi begini?” Masyaallah. Ada kalanya kita berdoa, namun kenyataan menggiring kita ke kondisi yang berlainan dengan kehendak kita. Hal itu membuat kita sedih bahkan tidak mau berdoa lagi. Padahal itu semua karena Allah sayang pada kita. Ustadz Nouman menjelaskan bahwa di balik sebuah doa yang belum atau tidak terkabul, Allah menyimpan pahala besar untuk diberikan pada kita di kehidupan akhirat nanti.

Pengalaman saya pribadi telah menunjukkan seberapa besar kekuatan doa bisa terjadi. Ketika sulit diterima kuliah dimana-mana, saya tetap tidak putus berdoa. Sekian kali tes gagal, dan gagal hingga tes masuk di bulan ramadhan tiba, dan tes itu kesempatan terakhir saya untuk kuliah di tahun tersebut. Alhamdulillah saat itulah doa saya di-ijabah, hingga membawa berkah sampai pada pekerjaan saat ini.

Semoga hati lebih terjaga dan bisa berbaik sangka meski doa belum juga dikabulkan. Karena cinta Allah pada hambaNya bahkan melebihi cinta orang tua kepada anaknya. Semoga kita diberi hidayah untuk terus mau berdoa.

Sumber: https://youtu.be/RLf7b6oWC7k

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s