[Transkrip Indonesia] Allah Selalu Dekat – Amazed by the Quran – Nouman Ali Khan


0:00:01.82 – 0:00:26.22: Mukadimah

Assalamualaikum semuanya, selamat datang di “Amazed by the Quran“. Serial saya berbagi dengan Anda, hal-hal tentang Qur’an yang menurut saya menakjubkan. Dan hari ini potongan kecil dari kisah salah satu nabi favorit saya sepanjang masa, Musa (عليه السلام). Sesuatu yang sangat menginspirasi. Saya merasa ini sangat menginspirasi.

0:00:26.22 – 0:01:06.08: Musa (عليه السلام) Meninggalkan Keluarganya

Musa (عليه السلام) bepergian dengan keluarganya, mereka tersesat di tengah gurun. Cuacanya semakin dingin, sehingga mereka mulai kedinginan, Musa perlu mendapatkan api. Lalu Musa melihat api jauh di kejauhan, di atas gunung yang bahkan tidak bisa dilihat keluarganya.

Musa berkata, إِنِّي آنَسْتُ نَارًا (QS Taha: 10)

“Aku merasa ada api di sana.”

Jadi Musa menyuruh keluarganya menunggu di situ, sedangkan ia akan pergi dan kembali.

“Semoga aku bisa mendapatkan petunjuk di sana.”

لَعَلَّكُمْ تَصْطَلُونَ (QS Al-Qasas: 29)

“Agar kamu dapat menghangatkan badan.”

Benar? Jadi mereka kedinginan.

Jadi ini situasi putus asa. Mereka tersesat di tengah gurun. Hari mulai gelap, tidak ada orang di sekitar. Dan sekarang Musa akan pergi dan mencari api ini. Tentu saja, semua orang tahu, Musa bertemu dan bercakap dengan Allah melalui semak yang terbakar ketika dia naik ke gunung.

0:01:06.08 – 0:02:02.74: Allah Berbicara kepada Musa (عليه السلام)

Ada satu kalimat di sana yang mengatakan,

أَنَا اخْتَرْتُكَ (QS Taha: 13)

Ketika Allah berbicara kepadanya. Dia berkata, “Sesungguhnya Aku yang memilihmu, telah memilihmu.”

Ini membuat saya berpikir, Anda tahu ketika seseorang dipilih oleh otoritas yang lebih tinggi, misalnya jika seseorang memanggil saya dengan presiden, atau raja, atau kepala sekolah memanggilmu untuk memberi penghargaan atau semacamnya.

Anda tahu, ada upacara. Ada lampu terang, ada kamera, ada penonton, ada tepuk tangan meriah, dan kemudian seseorang dipilih atau dilantik. Anda tahu, seperti ada antisipasi bahwa Anda akan diberi kehormatan khusus.

Dan salah satu penghargaan paling luar biasa yang pernah diberikan dalam sejarah manusia adalah Allah berbicara secara langsung kepada seorang manusia, dan berkata, “Sesungguhnya, Aku telah memilihmu.”

Dan ini… ini adalah kesempatan.

جِئْتَ عَلَىٰ قَدَرٍ يَا مُوسَىٰ (QS Taha: 40)

“Kamu datang tepat waktu untuk upacara, kamu datang tepat waktu.”

Anda tahu ini… ini tepat sesuai rencana. Dengan kata lain, ini adalah upacara.

0:02:02.74 – 0:02:40.26: Upacara Musa (عليه السلام)

Sekarang, lihatlah situasi upacaranya. Tidak ada dandanan, tidak ada persiapan, tidak ada semacam antisipasi, tidak ada keluarga yang berdiri di sana mencoba untuk merayakan… kehormatan ini. Ini…

Situasinya adalah, kondisinya gelap, putus asa, Anda tersesat di tengah gurun. Bahkan tidak ada jalan. Anda mungkin menemukan api. Anda berada di ambang kematian. Bukan hanya Anda – seluruh keluarga Anda.

Namun kehormatan terbesar, dan berkah terbesartelah dianugerahkan kepada Anda. Setelah salah satu momen terburuk, tersulit, dan tergelap dalam hidup Anda.Itulah yang terjadi dengan Musa (عليه السلام).

0:02:40.26 – 0:03:42.28: Allah Memiliki Cara untuk Memberikan Berkah-Nya

Apa yang kita pelajari, Allah memiliki cara untuk memberikan berkah-Nya, dan kita mungkin tidak melihatnya. Sesaat yang lalu, beberapa saat yang lalu, Musa (عليه السلام) tidak bisa membayangkan bahwa ini hari terbesar dalam hidupnya. Dia tidak bisa membayangkan itu.

Dia akan membayangkan ini salah satu hari terburuk dalam hidupku. Ini hal tersulit yang harus kulakukan. Karena, Anda tahu, mengkhawatirkan diri sendiri sudah cukup sulit. Musa juga mengkhawatirkan seluruh keluarganya.

Ini Musa di tengah kegelapan, hewan buas bermunculan di padang pasir, dan ia meninggalkan keluarganya, sementara cuacanya semakin dingin. Dan sekalipun jika Musa naik ke gunung, sepertinya tidak ada api di bawah sana.

Jadi ia harus turun dan menemukan jalan kembali ke keluarganya. Namun sepertinya tidak ada jalan yang bisa ia ambil. Anda bisa dengan mudah tersesat. Dan sepertinya tidak ada jalan beraspal menuju gunung.

Jadi dia… Anda tahu, begitu Anda naik, “Apakah saya turun lewat sini atau lewat sana?”

Pikiran-pikiran ini berlarian di benaknya, namun di tengah semua kesusahan itu, dan semua keputusasaan itu.

0:03:42.28 – 0:04:40.58: Kata-Kata Harapan Terbesar

Apa yang Dia berikan adalah kata-kata harapan terbesar.

“Akulah sebenarnya yang telah memilihmu.”

وَأَنَا اخْتَرْتُكَ فَاسْتَمِعْ لِمَا يُوحَىٰ (QS Taha: 13)

“Dengarkan apa yang telah diwahyukan.”

Di dalamnya, ada inspirasi yang luar biasa bagi semua orang beriman bahwa Allah tidak pernah jauh. Tidak peduli seberapa kelam situasi Anda, betapa putus asanya, betapa sulitnya bagi Anda dan orang yang Anda cintai.

Sesungguhnya Allah akan… selama Anda memiliki bergantung pada-Nya. Sesungguhnya Allah akan memberi Anda cahaya dari tempat yang orang lain tidak bisa melihatnya. Dia akan membalikkan keadaan dalam sekejap. dan itu ada di tangan Allah. Semua itu ada di tangan Allah.

Setiap langkah Anda mendaki gunung itu, setiap batu yang Anda panjat, setiap kali Anda hampir jatuh tergelincir, dan menjadi putus asa. Jangan mengira bahwa ini akan selamanya. Allah akan memberikan kemudahan kapan pun dan bagaimanapun, Dia bisa. Dan itu tidak datang dengan cara yang kita bayangkan.

Semoga Allah (عز ل) menjadikan kita orang-orang yang optimis, dan terus mengambil inspirasi dan kekaguman dari kitab yang luar biasa ini.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Subscribe

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ

Jika Anda menikmati video ini, tolong bagikan dengan teman dan keluarga. Jika Anda ingin melihat lebih banyak video dari seri ini, klik pada kotak di atas. Jika ingin melihat video lainnya, klik pada kotak di bagian bawah. Dan jangan lupa tekan tombol subscribe.

Terima kasih.

Bayyinah Facebook: https://www.facebook.com/bayyinahinst/videos/10154301516697207

One thought on “[Transkrip Indonesia] Allah Selalu Dekat – Amazed by the Quran – Nouman Ali Khan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s