Pasang iklan ?
info@nakindonesia.com
Bahasa Arab

Pendahuluan: Arabic With Husna

Pendahuluan: Arabic With Husna

Arabic With Husna NAK Indonesia (AWH NAK ID) adalah salah satu program yang diselenggarakan oleh NAK Indonesia. Arabic with Husna sendiri adalah salah satu program di Bayyinah TV. Di sana Ustadz Nouman Ali Khan merekam aktifitasnya mengajari Husna, anaknya yang pada saat video direkam berusia 9 tahun, untuk belajar bahasa Arab.

Karena mengetahui tentang betapa pentingnya bahasa Arab untuk muslim, NAK Indonesia mengadopsi kurikulumnya untuk dibagi kepada para anggota. Pembelajaran akan dilakukan via Whatsapp. Dengan metode sharing materi dan diskusi bersama. 

Seperti halnya bahasa-bahasa yang lain, Bahasa Arab memiliki 4 materi kebahasaan yang perlu dipelajari untuk seseorang dapat berkomunikasi dengan baik. Keempat materi tersebut adalah: Membaca, Menulis, Mendengar dan Berbicara. Dalam program ini, fokus materi yang akan diberikan hanya meliputi 2 hal saja yaitu Membaca dan Mendengar. So, harapannya adalah setelah peserta menyelesaikan pembelajaran di AWH NAK ID ini, peserta akan mampu mengerti arti Al Quran pada saat membaca dan atau mendengarnya tanpa menggunakan bantuan terjemahan.

Ustadz Nouman Ali Khan pernah mengatakan dalam salah satu ceramahnya, bahwa, “Bukan salah Anda, jika Anda tidak mengerti Al Quran karena Anda tidak mengerti bahasanya. Tapi, adalah salah Anda jika Anda tidak berusaha untuk belajar untuk mengerti bahasa yang digunakan Allah untuk menyampaikan Al Quran.

Namun untuk benar-benar memahami Al Quran, tidak hanya sekedar membaca Al Quran saja. Seseorang yang ingin mengetahui apa yang ingin Allah sampaikan lewat Al Quran, mereka juga harus mempelajari tafsir Al Quran, mempelajari kebudayaan Arab lama. Bahkan mungkin juga harus mempelajari apa yang disampaikan di Taurat dan Injil.

Itu artinya, tidak hanya cukup berhenti di belajar bahasa arab saja. Setelah kita bisa mengerti bahasa Arab, kewajiban kita masih panjang, yaitu mempelajari Al Quran dari sisi lain lagi. Semoga Allah mudahkan kita semua agar istiqomah dalam mempelajari Al Quran, agar kita termasuk golongan orang-orang yang paling baik, sebagaimana Rasululloh Salallahu Alaihi Wassalam sampaikan:

خيركم من تعلم القران و علمه Sebaik-baik kamu adalah yang mempelajari Al Quran dan mengajarkannya (Hadist Riwayat Bukhari)

1 Comment

  1. Assalamu’alaikum…
    Cara join grup WA Arabic With Husna NAK Indonesia (AWH NAK ID) bagaimana yaa? 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>