Pasang iklan ?
info@nakindonesia.com
Featured Slider / Muhasabah

Hindari Petunjuk Setan

Hindari Petunjuk Setan

Ya Allah, jangan biarkan kami tersesat, jangan biarkan hati kami kehilangan arah, setelah kami diberi petunjuk…

رَبَّنَا لا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

“Ya Tuhan Kami, Janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan setelah Engkau berikan petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi (karunia)”. QS Al-Imron : 8

Kadang yang terjadi ialah, kita memiliki petunjuk, tapi setelah sekian lama kita menjadi lupa dan kita melenceng, kita melenceng untuk menghindari lubang di jalan dan tiba-tiba mobil terguling. Itulah yang terjadi pada rohani kita. Kita melenceng karena kita melihat hal yang haram dan setan memikat kita. Dan kitapun mulai terguling. Butuh waktu bagi iman kita untuk pulih dan sembuh.

Semoga Allah SWT Memberi Kita Pemahaman

Allah SWT berfirman dalam Al-Quran. Bahwa setan juga memiliki pasukan, dan setan juga memberikan seruan/ajakan yang ia sebut juga petunjuk. Tapi manusia harus mampu membedakan, untuk melihatnya apakah hal itu merupakan perintah Allah atau bukan. Jika Anda mendengar sesuatu yang merupakan perintah Allah, Anda harus tahu itu benar, dan jika hal itu larangan Allah maka Anda harus tahu itu salah.

Inilah yang Allah SWT selalu firmankan dalam Al-Quran di berbagai tempat. Allah katakan pada kita bagaimana setan memiliki pasukannya, dan pasukan setan juga menyeru kepada manusia melalui berbagai bentuk petunjuk. seperti firman Allah QS Al-An’am (6:71) tentang setan dan pasukannya  :

“…Kawan-kawannya mengajaknya pada petunjuk (dengan mengatakan) ‘ikutlah kami’….”

Setan memanggil kawan-kawannya pada petunjuknya, datang.. datanglah pada petunjuk ini…

Manusia harus secara otomatis mengenali bahwa ini datangnya dari setan, ini bukanlah petunjuk yang benar

“Katakanlah, ‘Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)’..”

Kita mohon pada Allah SWT untuk membimbing kita.

Sumber: Mufti Menk

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>