Pasang iklan ?
info@nakindonesia.com
Berita / Featured News / Main Slider

Erfian Asafat, Fokus Mengembangkan Dakwah Ilustrasi Bersama Darul Arqam Studio

Erfian Asafat, Fokus Mengembangkan Dakwah Ilustrasi Bersama Darul Arqam Studio

Kegemaran di bidang animasi & ilustrasi menjadikan Erfian Asafat, CEO sekaligus ilustrator di Darul Arqam Studio ini fokus menghasilkan karya-karya ilustrasi dakwah animasi. Ia bersama teman-temannya di Darul Arqam Studio fokus mengembangkan karya-karya produktif untuk tujuan dakwah dengan basis crowdfunding untuk seluruh pembiayaannya.

Seperti illustrator lainnya, pria yang kerap dipanggil Erfian ini juga pernah bermimpi menjadi ilustrator dunia yang mengerjakan project-project animasi Holywood kelas dunia. Ia pernah berkesempatan mengerjakan project-project klien impian, seperti Marvels, Star Wars dan Warhammer. Hingga suatu waktu, perjalanan hijrahnya sebagai seorang ilustrator berubah tujuan menjadi ilustrator yang berfokus pada dakwah.

Titik balik perjalanan hijrahnya sebagai ilustrator dakwah berawal dari diskusi panjangnya yang cukup alot dengan seorang atheis yang menurutnya lebih memahami Islam dibanding dirinya. Dari diskusi tersebut, Erfian mulai memperdalam ilmu-ilmu agama. Berbagai video ceramah dari ulama luar negeri dia pelajari. Semakin lama Erfian mempelajari berbagai video yang terus memperkenalkan Islam dan Al-Quran tersebut, timbul keinginan dalam dirinya untuk berkarya memperkenalkan juga keindahan Al-Quran dengan skill yang dimilikinya yaitu membuat video animasi.

Video animasi pertama yang ia buat adalah video tafsir “Surah Al-Asr” yang dibawakan oleh ustadz Nouman Ali Khan. Pada awal Ramadhan video animasi tersebut di-launching, respon dari penonton sungguh diluar dugaan. Video animasi pertama “Al-Ashr” tersebut menjadi viral bahkan sampai mendapatkan apresiasi oleh ustadz Nouman Ali Khan. Hal ini pun yang membuat seorang dokter dari Pakistan dari Free Medical Journal mengapresiasi video animasi yang dibuat Erfian dan mendorongnya untuk membuat studio Darul Arqam.

Darul Arqam berdiri dengan bisnis model donasi. Alhamdulillah donasi yang kita dapatkan berasal dari ummat. Alhamdulillah, kita mendapatkan $50,000 yang akhirnya digunakan untuk membuat studio animasi Darul Arqam. Saat ini kita memiliki total 18 orang yang ikut berkarya di balik layar Darul Arqam Studio,” ujar Erfian selaku CEO Darul Arqam Studio.

Saat ini project yang dikerjakan oleh Darul Arqam Studio sebagian besar berasal dari ceramah Ustadz Nouman Ali Khan. Sebagian juga berasal dari klien seperti pada tema “Memahami Quran & Salah”. Tantangan terberat yang dihadapi Darul Arqam adalah pada diri masing-masing illustrator untuk istiqamah sesuai dengan visi Darul Arqam.

Kedepannya kita punya ambisi, menyebarkan bukan hanya ilmu Al-Quran dan Kedokteran tapi Ilmu Umum seperti Matematika, Fisika, Kimia. Semoga Allah izinkan,” ujar Erfian.

Ujarnya lagi, melihat banyaknya ceramah Luar negeri yang sangat berkualitas. Erfian ingin menjadikan Darul Arqam Studio sebagai media pengajaran bagi warga Indonesia dengan menjadikan semakin banyak video ceramah dalam Bahasa Inggris yang nantinya akan di-subtitle ke dalam Bahasa Indonesia.

Karya Darul Arqam Studio bisa dilihat di:

Channel Free Quran Education: https://www.youtube.com/channel/UCNdUFOtzSx3FS71pHkQLxhQ
Channel Free Med Education: https://www.youtube.com/channel/UCTCEJCypL-cwp2EWlT5pmGg

Contributor: Citra, 2017

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>