Pasang iklan ?
info@nakindonesia.com
Featured Slider / Muhasabah

Alasan-Alasan Salat Di Ujung Waktu Tanpa Uzur

Alasan-Alasan Salat Di Ujung Waktu Tanpa Uzur

Terbiasa salat wajib di ujung waktu bukanlah hal baik. Salat wajib termasuk kebaikan yang utama. Bila salatnya baik, maka insya Allah amalan-amalan baik lainnya akan mengikuti.  Alasan-alasan apa saja yang membuat orang-orang suka menunda salat hingga akhir waktu? Berikut beberapa diantaranya:

Salat Subuh

Menunda salat Subuh biasanya karena alasan mengantuk akibat begadang. Tidur hingga larut malam sehingga malas bangun di awal  waktu subuh.

Salat Zuhur

Alasan menunda salat Zuhur biasanya karena alasan pekerjaan. Alasan ini sebenarnya tidak tepat juga, terutama di negeri kita yang mana waktu istirahat kerja adalah sekitar pukul jam 12 – 1 siang.  Beralasan menunda salat Zuhur karena pekerjaan tentu tidak lagi tepat. Jadi alasan menunda salat Zuhur adalah karena malas.

Salat Asar

Pada salat Asar tantangannya lain lagi. Salat Asar tiba kira-kira menjelang waktu pulang kerja, yakni sekitar pukul 3 – 4 sore. Umumnya banyak orang sudah berpikir untuk segera pulang kerja agar dapat menghindari kemacetan. Salat Asar pun akhirnya dilakukan di ujung waktu, yakni ketika sudah sampai rumah.

Salat Magrib

Di salat Magrib, terkadang alasan kita menunda salat hingga ujung waktu adalah karena lelah baru tiba di rumah, sehingga memilih beristirahat dahulu sejenak, bermalas-malasan.

Salat Isya

Banyak orang menunda salat Isya karena asyik menonton acara TV atau mengobrol, sehingga akhirnya melakukan salat Isya ketika akan tidur di jam 10 – 11 malam atau lebih larut lagi, bahkan tidur dahulu baru salat Isya saat bangun di malam hari.

Itulah beberapa contoh alasan menunda salat wajib. Tentu tiap-tiap dari kita bila menunda salat memiliki alasan masing-masing sesuai dengan situasinya. Semoga kita tidak termasuk orang-orang yang suka menunda salat. Penulis akhiri tulisan ini dengan hadis yang diriwayatkan Imam Muslim sebagai pengingat bagi kita semua.

Yang dimaksud menyia-nyiakan salat adalah mereka yang tidak salat sampai datang waktu salat berikutnya…” (HR. Muslim 1594)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>